..(LEMBAR PERNYATAAN DIGANTI DENGAN KEASLIAN TULISAN BERMATERAI DENGAN TTD ASLI, UPLOAD ULANG)..Penelusuran Pemahaman Konsep IPA Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Kelas V MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023

Putri, Sabila Fitriana (2023) ..(LEMBAR PERNYATAAN DIGANTI DENGAN KEASLIAN TULISAN BERMATERAI DENGAN TTD ASLI, UPLOAD ULANG)..Penelusuran Pemahaman Konsep IPA Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Kelas V MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190177_ Sabila Fitriana Putri_Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Putri, Sabila Fitriana. 2023. Penelusuran Pemahaman Konsep IPA Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Kelas V MI Ma’arif Ngrupit Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kurnia Hidayati, M.Pd.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, IPA, Gaya Kognitif
Penelitian ini berawal dari permasalahan yaitu pemahaman siswa yang berbeda-beda. Siswa masih kurang fokus dalam belajar dan kurangnya pemahaman konsep siswa, yang disebabkan karena metode yang digunakan tidak cocok atau metode sebelumnya membuat siswa kurang termotivasi sehingga kebanyakan siswa kurang mampu dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan materi tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan kemampuan pemahaman konsep IPA berdasarkan gaya kognitif pada siswa kelas V, (2) perbedaan penelurusan pemahaman konsep siswa berdasarkan gaya kognitif siswa kelas V, (3) mengetahui faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep IPA pada siswa kelas V.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara kepada wali kelas V MI Ma’arif Ngrupit, guru mata pelajaran IPA kelas V MI Ma’arif Ngrupit, wawancara dengan 26 siswa kelas V MI Ma’arif Ngrupit, Observasi, dan menggunakan tes kepada 26 siswa kelas V MI Ma’arif Ngrupit. Selanjutnya hasil-hasil tes tersebut dianalisis untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep IPA berdasarkan gaya kognitif siswa. Hasil penelitian ini adalah:
Hasil tes dari penelitian ini pemahaman konsep nilai rata-rata tes siswa kelas V MI Ma’arif Ngrupit sebesar 61,34. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V di MI Ma’arif Ngrupit termasuk dalam kategori rendah apabila dilihat dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 75. Terdapat 7 siswa yang dinyatakan tidak tuntas serta 7 siswa dinyatakan tuntas dengan nilai yang baik dan cukup. Terdapat 8 peserta didik yang memiliki gaya kognitif field independent dan 17 peserta didik yang memiliki gaya kognitif field dependent. Gaya kognitif siswa di kelas V berdasarkan pemahaman konsepnya yaitu siswa yang memiliki gaya kognitif independent memiliki pemahaman yang cenderung baik, menyukai penugasan secara individu, mempunyai tujuan, termotivasi. Sedangkan siswa yang cenderung memiliki gaya kognitif field dependent memiliki pemahaman yang cenderung kurang, memerlukan dukungan dan motivasi yang lebih, cenderung penakut, lebih menyukai penugasan secara kelompok. Dengan adanya hal tersebut guru harus memperhatikan gaya kognitif siswa. Pemahaman konsep IPA dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal dalam pemahaman konsep siswa seperti kecerdasan siswa, minat siswa, perhatian, motivasi belajar, dan ketekunan sikap siswa, sedangkan pengaruh faktor eksternal yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Dari ketiga faktor eksternal yang paling mempengaruhi siswa yaitu keadaan keluarga yang sangat mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik. Dengan adanya hal tersebut guru dan orang tua khususnya harus memperhatikan faktor pendukung meningkatnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:10
Last Modified: 07 Jun 2023 08:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23687

Actions (login required)

View Item View Item