Upaya Guru Dalam Menanamkan Kesadaran Sosial Melalui Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Di SMPN 1 Sambit Ponorogo

Yudiana, Ine (2023) Upaya Guru Dalam Menanamkan Kesadaran Sosial Melalui Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Di SMPN 1 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
INE YUDIANA-208190025.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Yudiana, Ine. 2023. Upaya Guru Dalam Menanamkan Kesadaran Sosial Melalui
Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Di SMPN 1 Sambit Ponorogo. Skripsi.
Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Prof.
Dr. S. Maryam Yusuf, M. Ag.
Kata Kunci: Upaya Guru, Kesadaran Sosial, Mata Pelajaran IPS
Kesadaran sosial merupakan suatu pemahaman terhadap situasi dan kondisi
sosial yang terjadi di lingkungan sekitar. Sebagai makluk sosial kesadaran sosial
menjadi hal yang penting dalam menjalani kehidupan karena sejatinya manusia
hidup berdampingan dengan sesama. Penanaman kesadaran sosial bertujuan untuk
membentuk individu yang memiliki jiwa sosial yang tinggi terhadap orang lain.
Namun pada kenyataannya, saat ini kesadaran sosial siswa sudah mulai pudar
akibat kemajuan zaman dan perkembangan teknologi yang semakin pesat yang
berdampak negatif terhadap kesadaran sosial siswa di lingkungan sekolah. Di
SMPN 1 Sambit Ponorogo masih ditemukan beberapa siswa yang kurang memiliki
kesadaran sosial terhadap sesama, sehingga perlu berbagai upaya guru untuk
menanamkan kesadaran sosial terhadap siswa, salah satunya melalui mata pelajaran
IPS.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) upaya guru
dalam menanamkan kesadaran sosial siswa melalui mata pelajaran IPS di SMPN 1
Sambit Ponorogo (2) faktor pendukung dan faktor penghambat penanaman
kesadaran sosial siswa melalui mata pelajaran IPS di SMPN 1 Sambit Ponorogo (3)
dampak penanaman kesadaran sosial melalui mata pelajaran IPS terhadap sikap
sosial siswa di SMPN 1 Sambit Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif yang
bersifat deskriptif. Pengambilan data dilakukan melalui kegiatan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari Guru Mata
Pelajaran IPS, Guru Bimbingan Konseling (BK), Waka Kesiswaan, Wali Kelas (7,
8, dan 9), serta siswa siswi SMPN 1 Sambit Ponorogo. Data hasil penelitian
kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman, dan Saldana
meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Berdasarkan hasil analissis data ditemukan bahwa (1) upaya guru dalam
menanamkan kesadaran sosial melalui mata pelajaran IPS terhadap siswa terdapat
3 upaya yaitu pengintegrasian materi pelajaran yang sedang dibahas dengan
kehidupan sehari-hari, modelling (keteladanan), dan pola pembiasaan. (2) faktor
pendukung dalam menanamkan kesadaran sosial siswa yaitu adanya peran orang
tua dan peran guru, sedangkan faktor penghambatnya yaitu adanya pengaruh dari
dalam diri siswa, pengaruh dari lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat
yang kurang mendukung dalam pembentukan kesadaran sosial yang baik. (3)
penanaman kesadaran sosial berdampak positif dan mengalami peningkatan yakni
siswa lebih memiliki jiwa sosial yang tinggi sehingga lebih mampu membentuk
hubungan dan membina keterdekatan dengan orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: S. Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:07
Last Modified: 07 Jun 2023 08:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23684

Actions (login required)

View Item View Item