Penanaman Nilai Sosial Kesopanan Melalui Interaksi Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Jenangan

Fiyanti, Eli (2023) Penanaman Nilai Sosial Kesopanan Melalui Interaksi Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Jenangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSII_208190014_ELIFIYANTI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Fiyanti, Eli. 2023. Penanaman Nilai Sosial Kesopanan Siswa Melalui Interaksi
Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Jeanangan.
Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing.
Prof. Dr. Hj. S. Maryam Yusuf, M. Ag.
Kata Kunci: Penanaman, Nilai Sosial Kesopanan, Interaksi Sosial
Sopan santun merupakan sebuah sikap yang mengandung nilai sosial baik
dan bermanfaat bagi semua manusia. pembentukan sikap sopan santun sangat
diperlukan mengingat dalam kehidupan sosial dibutuhkan sikap yang saling
menghormati antara satu dengan yang lainnya. SMP Negeri 1 Jenangan
merupakan sekolah dengan jumlah siswa yang cukup banyak, serta memiliki
beragam kepribadian berkaitan dengan sikap sopan santun. Namun nyatanya,
sikap sopan santun siswa di sekolah masih kurang. Ada beberapa siswa yang
masih ramai sendiri ketika guru sedang mengajar, tidak segera merespon ketika
dipanggil guru, tidur di saat jam peajaran, bahkan masih ada yang berkata kotor.
Dari kenyataan yang ada tersebut, membuat peneliti tertarik untuk melakukan
penelitian berkaitan dengan permasalahan tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui dan menganalisis
penanaman nilai sosial kesopanan melalui interaksi sosial siswa pada mata
pelajaran IPS di SMPN 1 Jenangan; (2) mengetahui dan menganalisis faktor
pendorong dan penghambat dalam penanaman nilai sosial kesopanan melalui
interaksi sosial siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Jenangan; dan (3)
mengetahui dan menganalisis dampak penanaman nilai sosial kesopanan melalui
interaksi sosial siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Jenangan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi
kasus. Pendekatan ini digunakan untuk mengungkap penanaman nilai sosial
kesopanan melalui interaksi sosial siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1
Jenangan. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah konsep dari
Milles, Huberman dan Saldana, meliputi pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan kebasahan data
menggunakan triangulasi sumber dan teknik, serta pengamatan dengan tekun.
Hasil dari peneitian ini yaitu: (1) penanaman nilai sosial kesopanan
melalui interaksi sosial pada mata pelajaran IPS dilakukan dengan berinteraksi
dengan siswa, mengaitkan materi IPS dengan nilai sosial sopan santun, teladan
dari guru, teguran dan nasihat, Budaya 3S, dan khutbah setelah shalat jamaah.
(2) faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai sosial kesopanan yaitu
berasal dari faktor ligkungan keluarga, teman sebaya, dan lingkungan sekolah,
(3) dampak dari penanaman niai sosial kesopanan yang dilakukan di sekolah
adalah siswa lebih bersikap sopan dalam bertindak, siswa menjadi lebih ramah,
menghormati guru, berbicara dengan menggunakan bahasa yang baik pula.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: S. Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:07
Last Modified: 07 Jun 2023 08:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23683

Actions (login required)

View Item View Item