Peranan Pesantren Dalam Meningkatkan Kualitas Kurikulum Pendidikan Islam Pada Era Society 5.0 (Studi Kasus Pondok Pesantren Minhajul Muna Ngrayun Ponorogo)

Mu'alifah, Siti (2023) Peranan Pesantren Dalam Meningkatkan Kualitas Kurikulum Pendidikan Islam Pada Era Society 5.0 (Studi Kasus Pondok Pesantren Minhajul Muna Ngrayun Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
UPLOAD ETHESES_SITI MU'ALIFAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mu’alifah, Siti. 2023. Peranan Pesantren dalam Meningkatkan Kualitas Kurikulum Pendidikan Islam pada Era Society 5.0 (Studi Kasus Pondok Pesantren Minhajul Muna).Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I.
Kata Kunci : Peranan Pesantren,Kurikulum Pendidikan Islam, Era Society 5.0.
Era Society 5.0 merupakan era dimana teknologi sudah menjadi bagian dari manusia itu sendiri. Pada era ini tidak hanya membawa dampak positif saja akan tetapi juga terdapat problematika yang harus diselesaikan khususnya bagi kurikulum pendidikan Islam agar terus mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya, diantara problemnya yaitu metode atau strategi pembelajaran, profesionalisme dan sumber daya manusia, serta sectificate oriented. Salah satu lembaga pendidikan yang perannya dapat menjadi solusi atas problematika tersebut ialah pondok pesantren.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) sistem kurikulum pendidikan pesantren dalam meningkatkan kualitas kurikulum pendidikan Islam pada era society 5.0 di pondok pesantren Minhajul Muna; (2) faktor pendukung dan penghambat pendidikan pesantren dalam meningkatkan kualitas kurikulum pendidikan Islam pada era society 5.0 di pondok pesantren Minhajul Muna; dan (3) keterlibatan pendidikan pesantren dalam meningkatkan kualitas kurikulum pendidikan Islam pada era society 5.0 di pondok pesantren Minhajul Muna
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Pimpinan Pesantren, Asadidz Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah, satu santri Madrasah Tsanawiyah, dua santri Madrasah Aliyah, dan satu warga setempat. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil analisis dapat ditemukan bahwa (1) sistem pendidikan pesantren dalam meningkatkan kualitas kurikulum pendidikan Islam pada era society 5.0 di pondok pesantren Minhajul Muna ialah melalui komponen-komponen dalam sistem kurikulum pendidikan pesantren itu sendiri (2) Faktor pendukung dan penghambat pendidikan pesantren dalam meningkatkan kualitas kurikulum pendidikan Islam pada era society 5.0 di pondok pesantren Minhajul Muna. Diantara faktor pendukungnya yaitu terdapat faktor eksternal dan internal, faktor eksternalnya yakni dukungan dari masyarakat dan orantua tua santri. Kemudian untuk faktor internal yaitu kurikulum mengacu pada pondok modern Gontor, adanya diklat atau pelatihan yang mendatangkan guru dari luar, serta mengirim dan mengabdikan alumni keberbagai daerah. Sedangkan untuk faktor penghambat antara lain ekonomi walisantri menengah kebawah dan jauh dari perkotaan (3) Keterlibatan pendidikan pesantren dalam meningkatkan kualitas kurikulum pendidikan Islam pada era society 5.0 di pondok pesantren Minhajul Muna adalah melalui peranan pesantren dalam pengenalan dan pengayaan identitas serta dalam peningkatan kualitas tatanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:03
Last Modified: 07 Jun 2023 08:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23681

Actions (login required)

View Item View Item