NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PESERTA DIDIK TERHADAP PENDIDIK DALAM KITAB ĀDĀB AL-'ĀLIM WA AL-MUTA'ALLIM KARYA KH. HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH.

Wisnu Nabilla, Alina (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PESERTA DIDIK TERHADAP PENDIDIK DALAM KITAB ĀDĀB AL-'ĀLIM WA AL-MUTA'ALLIM KARYA KH. HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190016_ALINA WISNU NABILLA_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keadaan pendidikan akhlak di Indonesia yang mana menghadapi banyak masalah. Kurangnya etika atau akhlak bagi siswa. Dikarenakan para pendidik juga belum bisa menjadi contok yang baik. Banyak kejadian yang tidak diinginkan terjadi seperti halnya murid berkata kotor kepada temannya, berani melawan guru, hingga kekerasan antar pelajar pun akhirnya terjadi. Karena kurangnya perhatian dan pengawasan dari segi akhlak oleh orang tua dan gurunya. Penelitian ini memfokuskan kajian pada nilai pendidikan dan pelajar.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menjelaskan nilai-nilai pendidikan akhlak peserta didik terhadap pendidik dalam kitab Ādāb Al-'Ālim Wa Al-Muta'allim karya KH. Hasyim Asy’ari (2) menjelaskan relevansinya nilai-nilai pendidikan akhlak peserta didik terhadap pendidik dalam kitab Ādāb Al-'Ālim Wa Al-Muta'allim karya KH. Hasyim Asy’ari dengan materi akidah akhlak kelas VIII Madrasah Tsanawiyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dan jenis penelitiannya adalah kepustakaan (library research) yaitu berusaha menggali sedalam mungkin terhadap sumber-sumber yang digunakan. Penggalian ini dilakukan terhadap kitab Ādāb Al-'Ālim Wa Al-Muta'allim karya KH. Hasyim Asy’ari. Dengan Teknik dokumentasi dalam kitab Ādāb Al-'Ālim Wa Al-Muta'allim karya KH. Hasyim Asy’ari. Teknis analisis data penelitian ini menggunakan content analysis yakni sebuah alat riset yang digunakan untuk menyimpulkan kata atau konsep yang tampak di dalam teks atau rangkaian teks.
Dari analisis data ditemukan bahwa adanya relevansi antara kitab Ādāb Al-'Ālim Wa Al-Muta'allim karya KH. Hasyim Asy’ari diantaranya yaitu: Melakukan perenugan dan meminta petunjuk kepada Allah dalam memilih guru, Bersungguh-sungguh dalam mencatri seorang guru, Patuh terhadap guru, Memuliakan guru, Memperhatikan hal-hal yang menjadi hak guru, Senantiasa bersikap sabar dengan sikap keras pendidik, Memperhatikan adab ketika hendak menemui guru, Beretika dan berbahasa dengan santun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:02
Last Modified: 07 Jun 2023 08:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23676

Actions (login required)

View Item View Item