Konsep Etika Murid Perspektif KH. Hasyim Asy'ari dalam Kitab Adabul 'Alim wa al-Muta'allim dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Kontemporer

Munawaroh, Lailatul (2023) Konsep Etika Murid Perspektif KH. Hasyim Asy'ari dalam Kitab Adabul 'Alim wa al-Muta'allim dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Kontemporer. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI LAILATUL MUNAWAROH 201190125.pdf

Download (1MB)

Abstract

Munawaroh, Lailatul. 2023. Konsep Etika Murid Perspektif KH. Hasyim Asy’ari
dalam Kitab Adabul ‘Alim wa al-Muta’allim dan Relevansinya
dengan Pendidikan Islam Kontemporer. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Bapak
Muhammad Heriyudanta, M.Pd.I.
Kata Kunci: Etika Murid, Adabul ‘Alim wa al-Muta’allim, Pendidikan Islam
Kontemporer.
Berkaca pada kondisi etika pelajar di era saat ini, baik yang diliput dalam
berita online maupun pengamatan langsung, terjadi etika yang menyimpang di
kalangan pelajar. Banyak perilaku kurang terpuji di kalangan anak didik seperti
berkata jorok, pergaulan seks bebas, maraknya kekerasan antar pelajar, dan
kejatahan terhadap sesama teman yang mengindikasikan bahwa pendidikan belum
mampu menghasilkan generasi masa depan yang berkepribadian luhur. Oleh
karena itu, perlu adanya kajian yang lebih mendalam tentang etika murid. Jika
meninjau kembali kitab Adabul ‘Alim wa al-Muta’allim karya KH. Hasyim
Asy’ari, maka terdapat beberapa risalah mengenai etika yang harus dimiliki oleh
seorang murid.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah
(1) untuk mengetahui konsep etika murid perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam
kitab Adabul ‘Alim wa al-Muta’allim; (2) untuk mengetahui relevansi konsep
etika murid perspektif KH. Hasyim Asy’ari dengan pendidikan Islam
kontemporer.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Data dalam penelitian
diperoleh melalui data-data kepustakaan yang mengkaji tentang etika murid
menurut KH. Hasyim Asy’ari, kemudian dianalisis menggunakan metode content
analysis atau analisis isi.
Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh hasil bahwa (1) etika murid
perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim wa al-Muta’allim
terbagi menjadi etika pribadi seorang murid, etika murid dalam belajar, serta etika
murid terhadap guru. (2) melihat fenomena etika murid saat ini, maka konsep
etika murid yang ditawarkan oleh KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim
wa al-Muta’allim memiliki relevansi dengan pendidikan Islam saat ini, yang mana
pendidikan saat ini banyak terjadi kasus pelajar yang tidak sesuai dengan etika
yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:01
Last Modified: 07 Jun 2023 08:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23675

Actions (login required)

View Item View Item