MANAJEMEN PEMBIAYAAN UNTUK MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA (STUDI KASUS DI MI MA'ARIF PANJENG JENANGAN PONOROGO)

Khoiriyah, Miftah Sa'adatul (2023) MANAJEMEN PEMBIAYAAN UNTUK MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA (STUDI KASUS DI MI MA'ARIF PANJENG JENANGAN PONOROGO). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
TESIS_MIFTAH SA'ADATUL KHOIRIYAH_Dr.SHINTA MAHARANI, SE.M.Ak & Dr.UMAR SIDIQ,M.Ag.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam rangka mewujudkan pendidikan yang optimal madrasah tidak lepas dari pengelolaan yang profesional, hal itu dapat terjadi apabila didukung oleh sumber dana yang memadai, karena pendidikan tanpa pembiayaan tidak akan berjalan. Pemberian dana BOS oleh pemerintah merupakan suatu program terobosan untuk membantu pembiayaan sekolah namun dalam proses pelaksanaannya hal tersebut mengalami banyak kendala seperti yang dialami oleh MI Ma’arif Panjeng Jenangan
Ponorogo seperti keterlambatan pencairan dana BOS, tentu hal ini dapat menghambat terhadap proses pembelajaran. Selain itu dana investasi dan operasi seperti biaya sarana prasarana dan biaya intensif guru seperti gaji juga banyak kendala. Namun walaupun demikian MI Ma’arif Panjeng tetap eksis dan berkiprah disunia pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan murid setiap tahunnya. Hal ini tidak lepa sdari manajemen pembiayaan yang baik yang dilakukan oleh SDM yang ada di MI Ma’arif Panjeng. Hal tersebut juga tidak lepas dari pemberdayaan yang dilakukan kepada SDM sehingga tercipta SDM yang unggul guna memcahkan masalah pembiayaan di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo. Hal tersebut juga tidak lepas dari pemberdayaan yang dilakukan kepada SDM sehingga tercipta SDM yang unggul guna memecahkan masalah pembiayaan di MI Ma’arif Panjeng itu sendiri. Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui perencanan manajemen pembiayaan pendidikan di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo, (2) mengetahui pelaksanaan manajemen pendidikan di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo, (3) mengetahui evaluasi manajemen pembiayaan di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunaan model interaktif dari Milles dan Huberman untuk menganalisisi data hasil penelitian.yaitu dengan cara pengumpulsn data, kondensasi data, penarikan kesimpulan dan penyajian data. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pada aspek perencanaan pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan pemberdayaan sumber daya manusia di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo penyusunan rencana anggaran dimulai dengan diadakannya rapat kerja tahunanan lembaga. (2) Pada aspek pelaksanaan pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan pemberdayaan SDM meliputi dua kegiatan yaitu penerimaan dana dan pengeluaran dana. (3) Pada aspek evaluasi pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan pemberdayaan SDM bersifat akuntabel yaitu sesuai dengan perencanaan dan dapat dipertanggung jawabkan, terdapat dua bentuk evaluasi yaitu evaluasi internal dan evaluasi eksternal. Evaluasi internal dilakukan oleh yayasan, evaluasi yang dilakukan yaitu evaluasi bulanan, tahunan, dan evaluasi kepanitiaan. Sedangkan evaluasi eksternal dilakukan oleh pemerintah (dana BOS).

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Shinta Maharani & Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:57
Last Modified: 07 Jun 2023 07:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23667

Actions (login required)

View Item View Item