..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Literasi Keuangan Digital dan Kepercayaan Terhadap Impulse Buying dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating Pada Santri Pengguna Aplikasi E-wallet di Pondok Pesantren Al-Barokah

Hamim, Ahmad (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Literasi Keuangan Digital dan Kepercayaan Terhadap Impulse Buying dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating Pada Santri Pengguna Aplikasi E-wallet di Pondok Pesantren Al-Barokah. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
TESIS AHMAD HAMIM UPLOAD E-THESES.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perilaku konsumtif seseorang terjadi karena kemajuan teknologi yang memaksa setiap orang untuk menyesuaikan diri dengan inovasi-inovasi baru, khususnya pada aplikasi E-wallet. Penelitian ini dilakukan di pondok pesantren Al-Barokah yaitu pesantren khusus mahasiswa yang berlokasi di Ponorogo, mayoritas santri yang mondok merupakan santri milenial dari kalangan mahasiswa. Santri Al-Barokah sudah memiliki penngetahuan keuangan digital dan kepercayaan yang bagus serta dilandasi pendidikan agama yang membentuk sikap religiusitas yang tinggi tetapi santri Al-Barokah memiliki tingkat impulse buying yang tinggi pada penggunaan aplikasi dompet digital. Literasi keuangan digital penting diterapkan untuk menghindari perilaku konsumtfi dan kepercayaan merupakan kunci sukses pada suatu bisnis melalui transaksi online. Santri milenial merupakan generasi yang mempelajari ajaran agama Islam serta menguasai teknologi informasi dan digitalisasi sehingga gemar menggunakan sosial media dan bergantung pada internet. Hal ini menjadi santri akan lebih mudah berperilaku konsumtif dan melakukan pembelian terhadap suatu produk tanpa perencanaan atau diluar dugaan sebelumnya (impulse buying).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, pengumpulan datanya dilakukan dengan menyebar angket serta menggunakan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji statistik melalui uji T-test, F-test, koefisien determinasi (R2) dan uji regresi Moderating Multiple Regression Analisys (MRA) . Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa nilai Sig. variabel literasi keuangan digital 0.000<0.05 dan nilai Sig. variabel kepercayaan sebesar 0.000< 0.05 Maka dapat disimpulkan bahwa literasi keuangan dan kepercayaan secara parsial berpengaruh terhadap variabel impulse buying. Adapun hasil uji F-hitung lebih besar dari F-tabel yaitu 13,307 > 3,13 maka berpengaruh secara simultan. Hasil uji MRA X1 dimoderasi religiusitas nilai koefisien regresinya sebesar -0,135 memiliki arti Z mempunyai arah pengaruh negatif terhadap Y, nilai uji X2 dimoderasi oleh religiusitas sebesar 0,178 memiliki arti Z mempunyai arah pengaruh positif terhadap Y. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel religiusitas tidak memoderasi literasi keuangan digital secara signifikan terhadap variabel impulse buying.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:56
Last Modified: 07 Jun 2023 07:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23658

Actions (login required)

View Item View Item