Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MA Wali Songo Putri

Damayanti, Shofina Eka (2023) Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MA Wali Songo Putri. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
thesis full a5 shofina - etesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidaksempurnaan pendidik dalam menjalankan proses pembelajaran. Misalnya guru kadang salah paham kepada siswa yang dapat dikaitkan dengan pemahaman materi yang masih kurang, karena guru kurang memenuhi syarat dalam mengelola kelas. Karena bahwa kita ketahui pendidik merupakan ujung tombak keberhasilan pendidikan di Indonesi. Ketidaksempurnaan ini harus ditingkatkan dengan memberikan pemantauan. Dikarenakan kegiatan pendidikan paling penting di sekolah untuk mencapai tujuan yakni kegiatan belajar, sehingga semua organisasi madrasah untuk merencanakan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Kepala sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam meningkatkan mutu-mutu pembelajaran di madrasah. Salah satu tugas pokok kepala sekolah yaitu melakukan supervisi akademik. Kepala sekolah memiliki peran penting dalam hubungannya dengan kompetensi guru karena kepala sekolah bertugas sebagai supervisor yang memiliki kewajiban mensupervisi guru. Tujuan dari supervisi di MA Wali Songo yaitu untuk membantu guru mengembangkan keterampilannya dalam rangka mencapai tujuan belajar mengajar telah direncanakan. Dengan adanya pembelajaran yang baik akan menghasilkan lulusan yang berkualitas, sedangkan apabila seorang guru tidak mampu memberikan pembelajaran yang berkualitas maka hasil lulusan yang dihasilkannya pun tidak berkualitas.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekaan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dimana peneliti melakukan penelitian di MA Wali Songo Putri.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menemukan dan menganalisis manajemen supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MA Wali Songo Putri, untuk menemukan dan menganalisis dampak dari manajemen supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MA Wali Songo Putri, dan untuk menemukan dan menganalisis faktor –faktor yang mempengaruhi peningkatan kompetensi guru di MA Wali Songo Putri. Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu 1) pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di MA Wali Songo Putri menggunakan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut supervisi, 2) dampak manajemen supervisi akademik dalam meningkatkan kemampuan akademik di MA Wali Songo yaitu guru lebih paham dalam membuat perangkat pembelajaran seperti RPP, silabus, guru lebih mudah memahami perilaku dan karakteristik siswa, guru lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan metode-metode pembelajaran, guru lebih mudah dalam menggunakan teknologi pembelajaran, minat guru untuk melakukan perubahan sikap dan kinerja meningkat lebih baik, menyelenggarakan pendidikan yang mendidik, menyelenggarakan dan menggunakan hasil evaluasi, 3) faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kompetensi pedagogik guru di MA Wali Songo yaitu tingkat pendidikan, tingkat kecerdasan, pengalaman mengajar, pengalaman pelatihan, sarana dan prasarana, motivasi, dan supervisi kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Siti Maryam Yusuf, Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:54
Last Modified: 07 Jun 2023 07:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23656

Actions (login required)

View Item View Item