..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Kesalehan Sosial Santri Di Madrasah Diniyah Al- Ikhsan Magetan

Binti Arafah, Ulfa (2023) ..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Kesalehan Sosial Santri Di Madrasah Diniyah Al- Ikhsan Magetan. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
TESIS_ULFA BINTI ARAFAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini mengkaji dan menganalisis tentang manajemen Pendidikan karakter dalam membentuk kesalehan sosial santri di Madrasah Diniyah Al Ikhsan Magetan. Penelitian ini berawal dari pembahasan tentang kondisi santri yang masih kedapatan melakuakan tindakan bullying terhadap santri lainnya. Sehingga dengan itu Madrasah Diniyah Al Ikhsan melaksanakan manajemen Pendidikan karakter sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan tindakan tidak bermoral tersebut. Dalam pelaksanaannya, terlebih dahulu Madrasah Diniyah Al Ikhsan melakukan perencanaan dan menentukan nilai karakter yang akan digunakan. Kemudian dalam pelaksanaan konsep tersebut dilakukan dengan tiga tahap: tahap pendahuluan, inti dan penutup. Ketiga tahapan ini saling berintegrasi untuk membentuk karakter religius santri sehingga dapat membentuk kesalehan sosial.
Maka dari itu penelitian ini merumuskan pertanyaan, diantaranya: pertama, bagaimana konsep manajemen pendidikan karakter dalam membentuk kesalehan sosial santri di Madrasah Diniyah Al- Ikhsan Magetan?, kedua, bagaimana implementasi manajemen pendidikan karakter dalam membentuk kesalehan sosial santri di Madrasah Diniyah Al- Ikhsan Magetan?, ketiga, bagaimana implikasi manajemnen pendidikan karakter dalam membentuk kesalehan sosial santri di Madrasah Diniyah Al- Ikhsan Magetan?.
Kegelisahan tersebut akan dijawab dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan memanfaatkan tehnik pengumpulan data melalui

wawancara, observasi serta dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini ialah: pertama, konsep manajemen pendidikan karakter dalam membentuk kesalehan sosial santri di Madrasah Diniyah Al- Ikhsan Magetan ialah dengan menanamkan nilai-nilai religius pada santri yang berbasis pada kegiatan ibadah dan keteladanan. Kedua, pelaksanaan manajemen pendidikan karakter dalam membentuk kesalehan sosial santri di Madrasah Diniyah Al- Ikhsan Magetan ialah dengan tahapan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Di mana tahapan tersebut dapat membentuk karakter santri menjadi religius, santri selain menjalankan ibadah di satu sisi berdampak cara berperilaku saleh terhadap sesama santri dan lingkungan madrasah. Ketiga, dampak manajemen pendidikan karakter dalam membentuk kesalehan sosial santri ini ialah penanaman nilai sosial pada diri santri dapat menjalin interaksi sosial yang harmonis. Sehingga perilaku bullying dapat diantisipasi dan dicegah.

Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter, Kesalehan sosial

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Nur Kolis dan Dhinuk Puspita Kirana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:49
Last Modified: 07 Jun 2023 07:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23645

Actions (login required)

View Item View Item