Pengembangan Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SDN Pupus 3 Lembeyan Magetan).

Sabil, Nurresa Fi (2023) Pengembangan Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SDN Pupus 3 Lembeyan Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi_nurresa_fi_sabil_e-thesis_.pdf

Download (24MB)

Abstract

Saat ini banyak orang bahkan anak-anak dengan mudah mengakses internet dengan mudah, kasus-kasus bully semakin mudah diakses siapapun. Fenomena kekerasan dalam dunia pendidikan yang memprihatinkan yaitu kekerasan simbolik seperti bullying. Di lingkungan sekolah, siswa tidak akan lepas dari interaksi dengan seluruh warga sekolah yang memiliki latar belakang berbeda. Seperti di SDN Pupus 3 Lembeyan terdapat peserta didik yang beragama Islam dengan latar belakang berbeda. Dengan adanya perbedaan tersebut moderasi beragama sangat penting ditanamkan agar tercipta hubungan yang seimbang antara sesama sejak dini. Pada Kurikulum Merdeka siswa tidak hanya dibentuk menjadi cerdas, namun juga berkarakter sesuai nilai-nilai pancasila (Profil Pelajar Pancasila).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengembangan Moderasi Beragama dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SDN Pupus 3 Lembeyan Magetan; (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Pengembangan Moderasi Beragama dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV Di SDN Pupus 3 Lembeyan Magetan; (3) Dampak Pengembangan Moderasi Beragama dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SDN Pupus 3 Lembeyan Magetan.
Penelitan ini di menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Studi Kasus. Pengumpulan data yang peneliti lakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan teori Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pengembangan Moderasi Beragama dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SDN Pupus 3 Lembeyan Magetan dengan cara integrasi moderasi beragama pada mata pelajaran terkait, penguatan kegiatan moderasi beragama (ekstrakulikuler), insersi moderasi beragama pada pembiasaan atau hidden curirculum. (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Pengembangan Moderasi Beragama dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SDN Pupus 3 Lembeyan Magetan terdapat 2 faktor: (a) faktor pendukung dengan mendapat dukungan dari kepala sekolah seperti menyetujui hasil musyawarah kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan rutin di sekolah, orangtua mendukung kegiatan keagamaan di sekolah tersebut; (b) faktor penghambat kurangnya fasilitas dari sekolah seperti kurangnya buku, baik buku pelajaran agama dan juga buku untuk mengaji dan buku moderasi beragama. (3) Dampak Pengembangan Moderasi Beragama dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SDN Pupus 3 Lembeyan Magetan adalah peserta didik lebih mengerti dan mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama yaitu, Al-Tawassuţh, I'tidāl, Al-Tasāmuh, Al-Syura, Al-Işhlah, Al-Qudwah, Al-Muwāţhonah, Al- La’Unf , I'tirāf Bil Urf .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 01:37
Last Modified: 07 Jun 2023 01:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23641

Actions (login required)

View Item View Item