Marketing Mix Jasa Pendidikan sebagai Strategi Peningkatan Kuantitas Peserta Didik di MA Muhammadiyah 5 Sidoharjo

Inayati, Awalul (2023) Marketing Mix Jasa Pendidikan sebagai Strategi Peningkatan Kuantitas Peserta Didik di MA Muhammadiyah 5 Sidoharjo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190010 AWALUL INAYATI MANAJAMEN PENDIDIKAN ISLAM ETHESES(1).pdf

Download (26MB)

Abstract

Kata Kunci: Marketing Mix, Jasa Pendidikan, Peningkatan Kuantitas Peserta Didik

Pemasaran jasa pendidikan merupakan salah satu dari kegiatan pokok dan hal yang penting yang perlu yang dilakukan lembaga pendidikan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Bauran pemasaran (marketing mix) sebagai alat pemasaran haruslah diperhatikan dan dikelola dengan baik agar pemasaran dalam lembaga pendidikan berjalan dengan sukses.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa (1) penerapan pemasaran jasa pendidikan di MA Muhammadiyah 5 Sidoharjo; (2) langkah-langkah marketing mix jasa pendidikan sebagai strategi peningkatan kuantitas peserta didik di MA Muhammadiyah 5 Sidoharjo; serta (3) peningkatan kuantitas peserta didik di MA Muhammadiyah 5 Sidoharjo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian kualitatif yang menekankan pada pemahaman mengenai masalah-masalah dalam kehidupan sosial berdasarkan kondisi nyata atau natural setting yang holistis, kompleks dan rinci. Berjenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui prosedur wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan atau narasumber pada penelitian ini berasal dari kepala sekolah, pendidik, tenaga kependidikan, siswa, serta wali siswa. Kemudian data hasil penelitian dianalisis menggunakan model analisa Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwasanya (1) penerapan pemasaran jasa pendidikan yang seharusnya diperhatikan serta sekolah harus mampu membuat strategi-strategi pemasaran yang tepat secara lebih spesifik sekolah dalam mengelola pemasaran jasa pendidikannya haruslah melakukan analysis, organization, planning, control, (2) langkah-langkah strategi marketing mix yang diterapkan di MA Muhammadiyah 5 Sidoharjo yaitu yaitu tidak ada pembayaran untuk uang gedung serta membuat pilihan pembayaran, berlokasi di tempat yang strategis kemudian mereka menggunakan media sosial sebagai alat penyebaran informasi dalam kegiatan pemasaran, membuat peraturan baik mengenai tata tertib serta mengenai persyaratan perekrutan baik pada siswa maupun pendidik, terdapat bukti fisik utama dan pendukung yang mana mengenai sarana dan prasarana mereka berupaya sepenuhnya dalam melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh sekolah serta dalam prosesnya beberapa pendidik menggunakan strategi pembelajaran interaktif agar siswa dapat menampung ilmu dengan baik. (3) terjadi peningkatan jumlah peserta didik di MA Muhammadiyah 5 Sidoharjo setelah mengalami penurunan yang sangat drastis di tahun 2019 yang mana siswa yang masuk kurang dari 10 siswa, dan dengan adanya strategi baru dengan mengusung tema sekolah alam pada tahun 2020 mereka mengalami kenaikan jumlah peserta didik yaitu siswa yang masuk berjumlah 14 siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dian Pratiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 01:36
Last Modified: 07 Jun 2023 01:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23640

Actions (login required)

View Item View Item