Manajemen Budaya Organisasi dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di MAN 2 Ponorogo

Solikah, Linda Nikmatus (2023) Manajemen Budaya Organisasi dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di MAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190146_Linda Nikmatus Solikah_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (4MB)

Abstract

Solikah, Linda Nikmatus. 2023. Manajemen Budaya Organisasi dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di MAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci: Manajemen, Budaya Organisasi, Karakter Religius Peserta Didik

Budaya organisasi madrasah merupakan ciri khas madrasah yang dapat dikenali dari nilai-nilai, sikap, tingkah laku dan tindakan yang dianut dan diperlihatkan oleh personel madrasah. Dalam penyusunan program budaya organisasi madrasah berupaya memasukkan nilai agama dalam membentuk karakter religius peserta didik. Tujuannya agar peserta didik memiliki keyakinan dan rasa iman kepada Allah SWT. dan diharapkan memiliki rasa takut untuk berperilaku buruk. Proses manajemen budaya organisasi di madrasah membutuhkan perencanaan yang matang, pelaksanaan yang sistematis dan memiliki proses evaluasi yang baik sehingga bisa menentukan arah kebijakan budaya organisasi di masa mendatang. Selain itu, kerjasama dari stakeholder madrasah sangat dibutuhkan agar tujuan pembentukan karakter religius dapat tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) Perencanaan budaya organisasi dalam membentuk karakter religius peserta didik di MAN 2 Ponorogo; (2) Pelaksanaan budaya organisasi dalam membentuk karakter religius peserta didik di MAN 2 Ponorogo; dan (3) Evaluasi budaya organisasi dalam membentuk karakter religius peserta didik di MAN 2 Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus dengan memperoleh data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini meliputi Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, dan perwakilan guru MAN 2 Ponorogo.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Perencanaan budaya organisasi dalam membentuk karakter religius peserta didik di MAN 2 Ponorogo di awali dengan kegiatan penyusunan program budaya rutin dan tidak rutin, lanjut dan tindak lanjut. Selain itu, penyusunan program budaya madrasah ini juga berpedoman pada visi dan misi, tujuan serta aturan yang berlaku. (2) Pelaksanaan budaya organisasi dalam membentuk karakter religius peserta didik di MAN 2 Ponorogo melibatkan peran aktif dari seluruh komponen madrasah. Kemudian madrasah melibatkan seluruh stakeholder madrasah yaitu kepala madrasah, wakil kepala madrasah, maupun team work melakukan sosialisasi ke peserta didik dan seluruh warga madrasah mengenai budaya yang harus dilaksanakan. Bentuk pelaksanaan budaya organisasi madrasah ini dilakukan melalui keteladanan atau contoh langsung oleh kepala madrasah maupun bapak/ibu guru, melalui pembiasaan seperti mengaji Al-qur’an dan asmaul husna setiap pagi di kelas sebelum pelajaran dimulai. (3) Evaluasi budaya organisasi dalam membentuk karakter religius peserta didik di MAN 2 Ponorogo didasarkan pada absensi sholat dhuhur berjamaah di masjid madrasah, buku monitoring hafalan, dan razia rutin penampilan siswa agar sesuai dengan tata tertib yang ada di madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 01:35
Last Modified: 07 Jun 2023 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23639

Actions (login required)

View Item View Item