EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH BERBASIS WEB (SIMKAH WEB) DALAM SISTEM PELAYANAN KARTU NIKAH DIGITAL DI KUA KECAMATAN PITU KABUPATEN NGAWI

FAHRUZI, AIRUL (2023) EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH BERBASIS WEB (SIMKAH WEB) DALAM SISTEM PELAYANAN KARTU NIKAH DIGITAL DI KUA KECAMATAN PITU KABUPATEN NGAWI. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
TESIS_AIRUL FAHRUZI_503210009_HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor.892 Tahun 2019, tentang Simkah Berbasis Web dalam sistem pelayanan Kartu Nikah Digital sesuai Surat Edaran PMA Dirjen Bimas Islam Nomor B-2361/Dt.III/PW.01/07/2021, tentang Kartu Nikah Digital, Aplikasi Simkah Berbasis Web ini merupakan lanjutan dari Simkah Dekstop atau Simkah Offline yang sifatnya masih belum Online, sehingga Kementerian Agama RI memberikan trobosan terbaru melalui Aplikasi Simkah Berbasis Web dengan Generasi Ke 4 yang pencatatan pernikahan bisa diacces lewat HP Android maupun Komputer tanpa perlu datang langsung di Kantor KUA, Untuk pendaftaran Nikah dalam sistem pelayanan Kartu Nikah Digital itu sendiri sudah tersedia melalui QR Code Scaner yang bisa diunduh di playstore untuk mencetak Kartu Nikah Digital sendiri yang sudah diterapkan diberbagai Kantor Urusan Agama (KUA) di Se-Indonesia, khususnya di KUA Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi, sebagai bentuk sistem pelayan publik terhadap Masyarakat.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan Sistem Informasi
Manajemen Nikah Berbasis Web atau Simkah Web dalam sistem pelayanan Kartu Nikah Digital di KUA Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi dan efektivitasnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha mengungkapkan dan menginterpretasikan fenomena yang tengah berkembang. Dalam hal ini peneliti terjun langsung ke lapangan yaitu melibatkan KUA Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi. Data yang ditemukan menunjukkan bahwa Simkah Web di KUA Kecamatan Pitu Kabupaten Ngawi sudah diimplementasikan namun masih terkendala terutama dalam hal kesiapan SDM KUA.
Pada beberapa kasus ditemukan kesulitan masyarakat menggunakan aplikasi ini, diantaranya kerumitan dalam menginput data nikah dalam mencetak Kartu Nikah Digital. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Simkah Web telah membantu mempermudah KUA melakukan pendataan nikah seluruh Indonesia namun masih belum sepenuhnya efektif diterapkan masyarakat sebagai dasar mencetak Kartu Nikah Digital di KUA Kecamatan Pitu.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 01:12
Last Modified: 07 Jun 2023 01:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23628

Actions (login required)

View Item View Item