..(NOTA PERSETUJUAN DIGANTI DENGAN LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..TULISANManajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Dengan Metode Bercerita. (Studi Kasus Pada TK Dharma wanita Siwalan Mlarak Ponorogo)

Fauzi, Sukron Nur (2022) ..(NOTA PERSETUJUAN DIGANTI DENGAN LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..TULISANManajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Dengan Metode Bercerita. (Studi Kasus Pada TK Dharma wanita Siwalan Mlarak Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Sukron Nur Fauzi_502200028.pdf

Download (692kB)

Abstract

ABSTRAK

Fauzi, Sukron Nur, 2022. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Meningkatkan kemampuan Bahasa Anak dengan Metode Bercerita.Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. S. Maryam Yusuf, M.Ag.
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu wadah yang digunakan untuk mengembangkan dan menambahkan profesionalisme para pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Perluasan dan Percepatan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu kebijakan strategis yang diciptakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. kebijakan tersebut, penambahan dan kapasitas pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini menjadi tuntutan yang tidak dapat diabaikan. Dari segi fisik anak mengalami perkembangan yang sangat luar biasa, mulai dari pertumbuhan sel-sel otak dan organ tubuh lainnya. Salah satunya TK Dharma Wanita Siwalan meningkatkan kemampuan Bahasa melalui metode bercerita di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran anak usia dini dengan metode bercerita dalam meningkatkan Bahasa di TK Dharma Wanita Siwalan. Adapun langkah-langkahnya yaitu, (1) perencanaan pembelajaran, (2) pengorganisasian pembelajaran, (3) pelaksanaan pembelajaran, dan (4) penilaian pembelajaran.
Metode penelitian ini menggunakan pendeketaan deskriptif kualitatif, jenis penelitian ini yaitu rancangan studi kasus di Tk Dharma Wanita Siwalan. Objek penelitian ini adalah manajemen pembelajaran anak usia dini dengan metode bercerita dalam meningkatkan Kemampuan Bahasa. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Adapun proses pengumpulan dan analisis data, penelitian ini menghasilkan: (1) Rencana kegiatan semester (RKS), Selanjutnya (RKM), yang disusun dalam bentuk (RKH). Setelah itu mempersiapkan dalam mengajar. (2) pengorganisasian dilakukan oleh kepala sekolah. Pada metode bercerita dalam meningkatkan Kemampuan bahasa, guru mengalokasikan pada pelajaran bahasa, (3) pelaksanaan pembelajaran dengan metode bercerita dalam kemampuan bentuk cerita berupa dongeng, kisah Nabi dan Rosul, serta cerita spontan. Hal ini bertujuan agar anak-anak dapat melihat dan mengingat kejadian tersebut. (4) penilaian pada unjuk kerja, pengamatan, percakapan terstruktur dan tidak terstruktur, serta buku penghubung.
Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Anak Usia Dini, Metode Bercerita, Bahasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Siti Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 01:12
Last Modified: 07 Jun 2023 01:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23626

Actions (login required)

View Item View Item