Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Melalui Pengajian Weton di Pondok Pesantren Muftahu Nurul Huda Joso Panekan Magetan

Fitriani, Isnaini Nur (2023) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Melalui Pengajian Weton di Pondok Pesantren Muftahu Nurul Huda Joso Panekan Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190113 Isnaini Nur Fitriani Pendidikan Agama Islam .pdf

Download (1MB)

Abstract

Fitriani,Isnaini Nur, 2023. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Melalui Pengajian Weton di Pondok Pesantren Miftahu Nurul Huda Joso Panekan Magetan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dedi Hasnawan, M.Pd

Kata Kunci: Internalisasi , Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak, Pengajian Weton, Pesantren Miftahu Nurul Huda.
Nilai-nilai pendidikan yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah pendidikan akhlak. Dalam proses penerapan pembelajaran akhlak dalam diri santri bisa dibentuk dari pelaksanaan nilai nilai akhlak yang berupa pendidikan akhlak di segala aspek. Peran pengajian weton di pondok pesantren merupakan sebuah kegiatan yang layak untuk di perhitungkan. Karena keduanya memilki hubungan yang sangat besar dalam membimbing akhlak santri. Dari pengajian weton tersebut terbentuklah akhlak yang baik. Karena dalam kehidupan sekarang banyak kesenjangan antara pelaksanaan nilai nilai akhlak yang baik serta benar di sekolah dengan nilai nilai yang ada di lingkungan. Untuk itu pengajian weton di pondok pesantren Miftahu Nurul Huda salah satu solusi alternatif dalam membimbing akhlak santri.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) proses internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak santri melalui pengajian weton di pondok pesantren Miftahu Nurul huda (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat adanya internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak melalui pengajian weton di pondok pesantren Miftahu Nurul Huda (3) Hasil dari internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak melalui pengajian weton di pondok pesantren Miftahu Nuru Huda.
Penelitian dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Serta dilaksanakan di pondok pesantren Miftahu Nurul Huda Joso Panekan Magetan. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Internalisasi dapat dimaknai menanamkan sesuatu semacam pengetahuan dengan tujuan agar anak sanggup mengamalkan pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar sesuai dengan pemahaman tanpa paksaan. Adapun internalisasi dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu (a) Tahap transformasi nilai, yaitu proses yang dilakukan oleh pendidik dalam menginformasikan nilai-nilai yang baik dan kurang baik. Pada tahap ini hanya terjadi proses internalisasi verbal antara pendidik dengan peserta didik. (b) Tahap transaksi Nilai, yaitu proses penginternalisasian nilai melalui komunikasi dua arah antara pendidik dengan peserta didik secara timbal balik, sehingga terjadi proses interaksi. (c) Tahap transinternalisasi, yaitu proses penginternalisasian nilai melalui proses yang bukan hanya komunikasi verbal tetapi juga disertai komunikasi kepribadian yang ditampilkan oleh pendidik melalui keteladanan, melalui pengkondisian serta melalui proses pembiasaan untuk berperilaku sesuai dengan nilai yang di harapkan. (2) Faktor pendukung pelaksanaan kegiatan pengajian weton di Pondok Pesantren Miftahu Nurul Huda adalah fasilitas sarana dan prasarana kelas yang nyaman dan kesadaran santri yang tinggi dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan akhlak yang telah diperoleh melalui pengajian weton. Faktor penghambat proses internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak melalui pengajian weton ada beberapa santri yang malas untuk mengikuti pengajian weton, adanya pengaruh yang kurang baik dari dunia luar pondok bagi santri yang sekolah formalnya di luar lingkungan pondok.(3) Hasil dari proses internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak di pondok pesantren Miftahu Nurul Huda Joso Panekan Magetan adalah kebanyakan santri di pondok pesantren Miftahu Nurul Huda sudah menerapkan nilai-nilai pendidikan akhlak yang baik diantaranya nilai akhlak terhadap Allah seperti selalu displin dalam melaksanakan sholat fardhu berjama’ah, nilai akhlak terhadap pribadinya selalu menaati aturan yang berada di pondok pesantren serta nilai akhlak terhadap sesama manusia yaitu selalu bertutur kata yang sopan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dedi Hasnawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jun 2023 01:06
Last Modified: 07 Jun 2023 01:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23621

Actions (login required)

View Item View Item