Pengaruh Islamic Branding, dan Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Anggota Bmt Hasanah Ponorogo)

Mutiara, Diana (2023) Pengaruh Islamic Branding, dan Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Anggota Bmt Hasanah Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Diana Mutiara_501210007_Magister Ekonomi Syariah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan industry perbankkan syariah diera disrupi teknologi membuat semua perusahaan dalam sektor perbankkan harus mampu bersaing dan memiliki keunggulan kompetitif masing-masing. Value dan branding perusahaan menjadi sangat penting. Fenomena peningkatan nasabah yang tidak aktif di obyek penelitian menjadi isu pokok dalam penelitian ini yang berkaitan dengan loyalitas nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Islamic branding, customer relationship marketing, terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan sebagai variabel intervening. Obyek penelitian di BMT Hasanah Ponorogo dengan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif diskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian berupa data primer dengan jumlah sampel penelitian 94 orang. Alat uji hipotesis yang digunakan berupa uji t, uji F dan uji path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islamic branding, customer relationship marketing secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, kepuasan nasabah mampu menjadi variabel intervening untuk pengaruh parsial Islamic branding, dan customer relationship marketing terhadap loyalitas nasabah. Kepuasan nasabah mampu menjadi variabel intervening untuk pengaruh simultan Islamic branding, dan customer relationship marketing terhadap loyalitas nasabah
Kata Kunci: Islamic Branding, Customer Relationship Marketing, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: 1. Shinta Maharani 2. Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 06:10
Last Modified: 06 Jun 2023 06:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23609

Actions (login required)

View Item View Item