Analisis Perilaku Konsumen Investasi Emas Digital Di Tokopedia

Indrawati, Titis (2023) Analisis Perilaku Konsumen Investasi Emas Digital Di Tokopedia. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
titis_perpuspusat.pdf

Download (951kB)

Abstract

ABSTRAK

Fenomena investasi emas digital sangat marak pada saat ini. Tokopedia adalah e-commerce yang mempunyai fitur investasi emas yaitu Tokopedia emas yang bekerjasama dengan Pegadaian. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler di Indonesia dengan jumlah pengunjung web bulanan mencapai 147,8 juta pada kuartal II 2021 mengalahkan e-commerce lain seperti Shoope, Bukalapak, Lazada, Zalora. Tokopedia emas Pegadaian menggunakan akad jual beli tunai & wadi’ah. (titipan). Sejak fitur Tokopedia Emas diluncurkan pada tahun 2018 lalu, tren transaksi pembelian emas di platform e-commerce tersebut meningkat hampir 30 kali lipat padahal spread Tokopedia emas yang bekerja sama dengan Pegadaian 4,5% lebih tinggi daripada investasi emas langsung pada Pegadaian Digital pada kisaran 3%. Hal ini perlu diketahui apa yang menjadi faktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam memutuskan memilih emas digital di Tokopedia.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah data mekanisme investasi emas digital di Tokopedia, data faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan investasi emas digital di Tokopedia, dan data dampak investasi emas digital di Tokopedia tehadap perilaku konsumen. Analisis dengan terori Perilaku konsumen serta faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis mekanisme investasi emas digital di Tokopedia, untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan investasi emas digital di Tokopedia, dan untuk menganalisis dampak investasi emas digital di Tokopedia tehadap perilaku konsumen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa mekanisme investasi emas digital memengaruhi perilaku konsumen karena cukup mudah dan praktis dari pilihan produk, merek, penyalur, waktu pembelian, jumlah pembelian, dan metode pembayaran. Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen yaitu faktor psikologis konsumen paling berpengaruh dalam investasi emas digital pada Tokopedia. Kemudian faktor budaya memiliki pengaruh yang cukup baik, namun faktor sosial dan pribadi memiliki sedikit pengaruh. Serta investasi emas berdampak positif serta negatif, banyaknya kemudahan yang ditawarkan terutama promo-promo yang menarik membuat konsumen puas melakukan pembelian sehingga memengaruhi perilaku konsumen melakukan investasi emas digital pada Tokopedia terus-menerus atau rutin.

Kata kunci: investasi, perilaku konsumen, emas digital

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Aji Damanuri, Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140211 Labour Economics
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 06:10
Last Modified: 06 Jun 2023 06:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23608

Actions (login required)

View Item View Item