Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran IPS Ditinjau Dari Rasa Percaya Diri Siswa SMPN 1 Mlarak

Nur Oktavia, Putri (2023) Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran IPS Ditinjau Dari Rasa Percaya Diri Siswa SMPN 1 Mlarak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
208190080_PUTRI NUR OKTAVIA_T.IPS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Putri Nur Oktavia. 2023. Keaktifan Proses Pembelajaran IPS Ditinjau dari Rasa Percaya Diri Siswa SMPN 1 Mlarak, Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.

Kata kunci: Keaktifan, Pembelajaran IPS, Rasa Percaya Diri
Keaktifan merupakan suatu upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan pembelajaran lebih efektif. Keaktifan yang dimaksud di sini adalah siswa dapat bertanya maupun mengutarakan pendapat, siswa dapat menyelesaikan tugas, siswa mampu menjawab pertanyaan yang telah diberikan oleh guru. Keaktifan dalam proses pembelajaran IPS juga merupakan hal penting karena selain IPS memiliki cakupan materi yang luas, dengan adanya keaktifan ini guru juga dapat mengetahui seberapa rasa ingin tahu siswa dan seberapa pemahaman siswa setelah guru menjelaskan. Akan tetapi di SMPN 1 Mlarak keaktifan siswa dalam proses pembelajaran IPS dinilai sangat kurang. Hal ini tentunya tidak disebabkan oleh kurangnya fasilitas yang tersedia di sekolah karena pada saat peneliti melakukan observasi, fasilitas di SMPN 1 Mlarak ini cukup memadai. Mungkin saja kurangnya keaktifan siswa disebabkan oleh kurangnya rasa percaya diri. Karena kurangnya rasa percaya diri ini dapat menjadikan siswa malu dalam melakukan suatu tindakan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keaktifan siswa ditinjau dari self-esteem dalam proses pembelajaran IPS di SMPN 1 Mlarak, (2) mendeskripsikan keaktifan siswa ditinjau dari self-efficacy dalam proses pembelajaran IPS di SMPN 1 Mlarak, (3) mendeskripsikan keaktifan siswa ditinjau dari self-confidence dalam proses pembelajaran IPS di SMPN 1 Mlarak.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Pencarian data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan model analisa Milles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data telah ditemukan bahwa (1) keaktifan siswa ditinjau dari self-esteem dalam proses pembelajaran IPS di SMPN 1 Mlarak dapat dikategorikan ke dalam kategori rendah karena rata-rata siswa tidak dapat mengapresiasi diri sendiri pada saat mereka salah dalam menjawab pertanyaan yang telah diberikan oleh guru. (2) keaktifan siswa ditinjau dari self-efficacy dalam proses pembelajaran IPS di SMPN 1 Mlarak dapat dikategorikan tinggi. Hal ini dikarenakan siswa selalu mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. (3) keaktifan siswa ditinjau dari self-confidence dalam proses pembelajaran IPS di SMPN 1 Mlarak dapat dikategorikan ke dalam kategori rendah, ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan siswa mengenai mata pelajaran IPS yang mengakibatkan siswa tidak percaya diri dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 06:25
Last Modified: 06 Jun 2023 06:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23591

Actions (login required)

View Item View Item