Analisis Pengaruh Dewan Komisaris, Dewan Pengawas Syariah, dan Non Performing Financing Terhadap Return On Asset pada bank umum syariah di Indonesia

Agustina, Triani (2023) Analisis Pengaruh Dewan Komisaris, Dewan Pengawas Syariah, dan Non Performing Financing Terhadap Return On Asset pada bank umum syariah di Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
210816053_TRIANI AGUSTINA_PS.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Agustina, Triani 2023. Analisis Pengaruh Dewan Komisaris, Dewan Pengawas Syariah dan Non Performing Financing (NPF) Terhadap Return On Asset (ROA) pada Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2019-2022. Pembimbing Dr. Shinta Maharani, M.Ak.

Kata kunci: Dewan Komisaris, Dewan Pengawas Syariah, Non Performing
Financing (NPF) dan Return On Asset (ROA)

Return on asset (ROA) adalah rasio keuangan yang digunakan untuk menilai kondisi keuangan dari suatu perusahaan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adaya ketidak sesuaian antara teori dengan apa yang terjadi di lapangan. Dimana frekuensi banyaknya rapat dewan komisaris dan dewan pengawas syariah akan mengakibatkan peningkatan pada return on asset. Faktanya banyaknya frekuensi rapat dewan komisaris tidak mengakibatkan kenaikan pada Return On Asset, sedangkan pada dewan pengawas syariah banyaknya frekuensi rapat berpengaruh terhadap Return On Asset. Secara teori Non Performing Financing yang tinggi akan menurunkan Return On Asset, namun faktanya saat NPF mengalami kenaikan return on asset juga mengalami kenaikan.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh yang diberikan dewan komisaris, dewan pengawas syariah, dan NPF terhadap ROA pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2019-2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan tahunan Bank umum Syariah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 10 BUS di Indonesia meliputi Bank Muamalat Indonesia, Bank Victoria Syariah, Bank Jabar Banten Syariah, Bank Syariah Indonesia, Bank Mega Syariah, Bank Panin Syariah, Bank Bukopin Syariah, BCA Syariah, BCA Syariah, dan Bank Aladin Syariah periode 2019-2022. Sehingga data penelitian yang dikumpulkan sebanyak 40 data. Data dianalisis menggunakan uji asumsi klasik,uji t, uji F, regresi linier berganda dan koefisian determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa secara parsial dewan komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA pada bank umum syariah periode 2019-2022, dewan pengawas syariah berpengaruh signifikan terhadap ROA, dan NPF berpengaruh tidak signifikan terhadap ROA pada bank umum syariah periode 2019-2022. Sedangkan secara simultan Dewan komisaris, DPS, dan NPF berpengaruh terhadap ROA pada bank umum syariah periode 2019-2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SHINTA MAHARANI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 06:33
Last Modified: 06 Jun 2023 06:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23585

Actions (login required)

View Item View Item