Penerapan Metode Problem Solving Dalam Melatih Critical Thinking Siswa Di MAN 3 Madiun

Pratiwi, Lusia Herdiana Ifada (2023) Penerapan Metode Problem Solving Dalam Melatih Critical Thinking Siswa Di MAN 3 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190399_LUSIA HERDIANA IFADA _PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Pratiwi, Lusia Herdiana Ifada. 2023. Penerapan Metode Problem Solving dalam
Melatih Critical Thinking Siswa di MAN 3 Madiun. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing : Erwin Yudi Prahara, M. Ag.
Kata Kunci : Metode Problem Solving, Critical Thinking .
Dalam dunia pendidikan diperlukan pembelajaran yang mampu melatih critical
thinking siswa. Begitu pula proses pembelajaran Fiqih di MAN 3 Madiun cenderung
berpusat pada guru, kurangnya motivasi dan minat belajar siswa yang mengakibatkan
critical thinking siswa masih rendah. Maka dari itu diperlukan penerapan metode
problem solving dalam melatih critical thinking siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan metode problem
solving dalam melatih critical thinking siswa di MAN 3 Madiun. (2) Implikasi
penerapan metode problem solving dalam melatih critical thinking siswa di MAN 3
Madiun. (3) Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode problem solving
dalam melatih critical thinking siswa di MAN 3 Madiun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan
mendeskripsikan tentang fenomena - fenomena yang ada menggunakan kata - kata dan
bukan angka. Teknik pengumpulan data melalui interview/wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sumber data wawancara berasal dari siswa di MAN 3 Madiun, guru
Fiqih, kepala MAN 3 Madiun dan waka kurikulum. Data dari hasil penelitian kemudian
dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman meliputi : reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode problem solving dalam
melatih critical thinking siswa pada pembelajaran Fiqih materi jual beli dilakukan
sesuai dengan tahap melatih kemampuan kognitif siswa untuk dapat menyimpulkan
masalah terlebih dahulu, menganalisis permasalahan dan mengevaluasi sebelum
diambil keputusan. (2) Dampak positif dari penerapan metode problem solving dalam
melatih critical thinking dalam pembelajaran Fiqih adalah melatih siswa untuk berpikir
aktif, kritis dan logis sekaligus mampu memecahkan permasalahan yang ditemui di
lingkungan masyarakat. Adapun dampak negatif kurangnya percaya diri siswa untuk
bertanya, berpendapat selama kegiatan pembelajaran sehingga mereka menjadi pasif
(3) Faktor pendukung penerapan metode problem solving dalam melatih critical
thinking siswa adalah adanya motivasi dan semangat siswa untuk belajar, guru yang
profesional dan semangat dalam mengajar dan sarana prasarana yang memadai akan
melatih minat siswa untuk belajar Fiqih. Sedangkan faktor penghambat dari penerapan
metode problem solving adalah kurangnya semangat dan motivasi belajar siswa,persiapan guru dalam kegiatan pembelajaran yang belum optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130311 Pacific Peoples Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 05:55
Last Modified: 06 Jun 2023 05:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23579

Actions (login required)

View Item View Item