Pembelajaran PAI Berbasis Keterampilan Abad 21 (Studi Keterampilan 4C) Sebagai Upaya Menjadikan Siswa Aktif di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo

Lutfiyana, Izza (2023) Pembelajaran PAI Berbasis Keterampilan Abad 21 (Studi Keterampilan 4C) Sebagai Upaya Menjadikan Siswa Aktif di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
IZZA LUTFIYANA_Skripsi Thesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Lutfiyana, Izza. 2023. Pembelajaran PAI Berbasis Keterampilan Abad 21 Sebagai Upaya Menjadikan Siswa Aktif di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo Pembimbing: Dian Pratiwi, S.E., M.M
Kata Kunci : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Keterampilan Abad 21, Siswa Aktif
Perkembangan zaman yang semakin maju menjadikan segala bidang perlu melakukan pembaharuan. Salah satu dampak dari perkembangan zaman adalah perkembangan IPTEK yang mempengaruhi bidang pendidikan. Fenomena yang terjadi saat ini, lembaga pendidikan disuguhkan dengan tantangan abad 21. Dimana lembaga sekolah perlu menyiapkan generasi muda yang mampu menjawab tantangan abad 21 melalui pembelajaran yang berbasis keterampilan. Pembelajaran yang berbasis keterampilan abad 21 ini bertujuan untuk menjadikan generasi muda aktif dalam menghadapi tantangan saat ini dan dikemudian hari.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) bagaimana proses pembelajaran PAI berbasis keterampilan abad 21 di SMPN 1 Jetis; (2) apa faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengimplementasikan pembelajaran PAI berbasis keterampilan abad 21 di SMPN 1 Jetis;(3) bagaimana implikasi pembelajaran PAI berbasis keterampilan abad 21 pada keaktifan siswa di SMPN 1 Jetis.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data untuk menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Proses pembelajaran PAI berbasis keterampilan abad 21 di SMPN 1 Jetis dengan keterampilan 4C, meliputi; a) Berpikir Kritis, guru memberikan tugas kepada siswa untuk menanggapi sebuah video atau fenomena yang sedang terjadi. b) Komunikasi, guru dalam mengimplementasikan keterampilan siswa untuk berkomunikasi dengan memberikan kebebasan siswa menyampaikan ide atau gagasan melalui diskusi kelompok. c) Kolaborasi, upaya yang dilakukan guru untuk siswa memiliki keterampilan dalam hal kolaborasi dengan membentuk kelompok diskusi yang bertujuan agar siswa mampu bekerjasama dan memiliki karakter menghargai pendapat orang lain. d) kreativitas, untuk menjadikan siswa memiliki kreativitas di abad 21 ini, guru memberikan tugas poster kepada siswa secara inidvidu melalui aplikasi canva. (2) Faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengimplemntasikan pembelajaran PAI berbasis keterampilan abad 21, yaitu untuk faktor pendukung sendiri dipengaruhi oleh perkembangan zaman, kemauan guru untuk mengupgrade, dan fasilitas sekolah yang mendukung. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah masih ada guru yang masih sulit melakukan inovasi dalam proses pembelajaran, dan pengontrolan siswa yang masih kurang ketika menggunakan fasilitas Hp. (3) Implikasi pembelajaran PAI berbasis keterampilan abad 21 untuk menjadikan siswa aktif, guru melakukan beberapa upaya yang meliputi, membangkitkan dan member motivasi siswa, meningkatkan minat siswa, dan menggunakan fasilitas atau media menarik secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dian Pratiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:04
Last Modified: 06 Jun 2023 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23575

Actions (login required)

View Item View Item