Perilaku Cyber Bullying Menurut Bisri Musthafa dalam Tafsir Al-Ibriz

Iswahyudi, Nanang (2023) Perilaku Cyber Bullying Menurut Bisri Musthafa dalam Tafsir Al-Ibriz. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
301190048_NANANGISWAHYUDI_IAT.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nanang Iswahyudi. 2023. Perilaku Cyber Bullying menurut Bisri Musthofa dalam Tafsir al-Ibri>z. Skripsi, Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Iswahyudi, M.Ag.
Kata Kunci: Cyber Bullyig, Tafsir, al-Ibri>z.
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena bullying yang terjadi di media sosial yang dikenal dengan cyber bullying, cyber bullying yang marak di kalangan masyarakat perlu adanya pencegahan Bisri Musthofa dalam kitabnya tafsir al-Ibri>z memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dalam menafsirkan ayat-ayat tentang cyber bullying Bisri Musthofa bukan hanya menafsirkan ayat saja, namun ia juga memberikan asbab al-nuzul yang melatar belakangi turunya ayat sebagai penguat penafsiran, serta memberikaan contoh pembelaan diri dari pelaku bullying.
Peneliti merumuskan masalah yaitu pertama, bagaimana makna cyber bullying menurut Bisri Musthofa dalam tafsir al-ibri>z. kedua, bagaimana bentuk-bentuk cyber bullying menurut Bisri Musthofa dalam tafsir al-ibri>z. ketiga, bagaimana upaya pencegahan cyber bullying menurut Bisri Musthofa dalam tafsir al-ibri>z. Penelitian ini merupakan penelitian library research dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode tafsir tematik atau maud}u>’i. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara menghimpun ayat-ayat al-Qur’an yang menggunakan kata as-sakhar, al-lamz, istahza’a, dan kata lain yang berhubungan dengan cyber bullying. Dari data yang diperoleh kemudian di analisis dan dituangkan secara deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah makna cyber bullying menurut Bisri Musthofa dalam tafsir al-Ibri>z terdapat beberapa makna yaitu makna penghinaan, diskriminasi, ancaman, serta mempermalukan. Makna penghinaan terdapat dua penghinaan secara langsung dan tidak langsung, makna diskriminasi ada dua disriminasi ekonomi dan diskriminasi sosial. Kedua, bentuk-bentuk cyber bullying menurut Bisri Musthofa dalam tafsir al-Ibri>z ada dua bentuk yaitu dalam bentuk perkataan kasar dan dalam bentuk mempermalukan seseorang. Ketiga, upaya pencegahan cyber bullying menurut Bisri Musthofa dalam tafsir al-Ibri>z Terdapat dua upaya pencegahan yaitu upaya pencegahan yang dilakukan secara indivudual yakni menjaga lisan dari berkata buruk dan upaya pencegahan yang dilakukan secara sosial yaitu saling menghormati dan mengharga terhadap sesama dan menerapkan sikap musawah di lingkungan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:03
Last Modified: 06 Jun 2023 02:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23572

Actions (login required)

View Item View Item