Pengaruh Dukungan Organisasi, Tanggung Jawab Profesi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Tk Ra ‘Aisyiyah Tahun Ajaran 2022/2023 Se-Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo.

Khoirunnisa, Mualifah (2023) Pengaruh Dukungan Organisasi, Tanggung Jawab Profesi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Tk Ra ‘Aisyiyah Tahun Ajaran 2022/2023 Se-Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Mualifah Khoirunnisa MPI Pascasarjana.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kinerja guru merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai tujuan Pendidikan. Kinerja guru yang optimal akan mengantarkan sekolah mencapai tujuan lembaganya. Dengan kinerja guru pula kualitas siswa yang akan dihasilkan menjadi lebih baik. Maka sebuah Lembaga Pendidikan perlu untuk terus memberikan dukungan kepada guru, serta meningkatkan kompetensi professional guru, agar guru merasa puas terhadap dirinya, dan kinerjanya menjadi meningkat. Karena kinerja guru menjadi ujung tombak penentu baik buruknya suatu Lembaga Pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh dukungan oranisasi terhadap kinrja guru di Tk RA ‘Aisyiyah se-Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo; 2) mengetahui pengaruh tanggung jawab profesi terhadap kinerja guru di Tk RA ‘Aisyiyah se-Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo; 3) mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru di Tk RA ‘Aisyiyah se-Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo; 4) mengetahui pengaruh dukungan organisasi, tanggung jawab profesi, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di Tk RA ‘Aisyiyah se-Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan diuji dengan analisis regresi. Terdapat tigasvariabel bebas, yaitu dukungan organisasi, tanggung jawab profesi, dan kepuasan kerja, serta satu variable terikat, yaitu kinerja guru. penelitian ini menggunakan Teknik sampling jenuh, dengan jumlah sampel sebanyak 60 guru di seluruh Tk RA ‘Aisyiyah se-Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Pengumpulan data terhadap empat variable tersebut menggunakan angket sebagai instrumennya.
Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara dukungan organisasi terhadap kinerja guru di Tk RA ‘Aisyiyah se-Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo sebesar 8,4% (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tanggung jawab profesi dengan kinerja guru di Tk RA ‘Aisyiyah se-Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo sebesar 32,1% (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepuasan kerja dengan kinerja guru di Tk RA ‘Aisyiyah se-Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo sebesar 11,9% (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara dukungan organisasi, tanggung jawab profesi, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di Tk RA ‘Aisyiyah se-Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo sebesar 32,5%.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Nur Kolis Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:59
Last Modified: 06 Jun 2023 01:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23570

Actions (login required)

View Item View Item