Manajemen Praktik Kerja Lapangan dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di SMKN 1 Ponorogo

Arianti, Tyas (2023) Manajemen Praktik Kerja Lapangan dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di SMKN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190177_Tyas Arianti_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Arianti, Tyas. 2023. Manajemen Praktik Kerja Lapangan dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di SMKN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo: Afni Ma’rufah, M.Pd.

Kata Kunci: Manajemen, PKL, Kompetensi Siswa

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu bentuk pembelajaran dalam lembaga pendidikan SMK yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik. Program PKL yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan SMK dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik dalam memasuki dunia kerja. Melalui kegiatan PKL peserta didik dapat melakukan praktik secara langsung mengenai ilmu yang sudah didapat di sekolah dan juga memperoleh ilmu baru dari luar sekolah. Disamping itu program PKL juga dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki peserta didik. Dalam program PKL terdapat manajemen Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang merupakan suatu proses pengelolaan, pengarahan, dan pengaturan kegiatan PKL dengan memanfaatkan segala sumber daya yang tersedia agar tujuan program PKL dapat mudah dilaksanakan dan mencapai keberhasilan. Dalam program PKL terdapat tahapan pengelolaan PKL yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMKN 1 Ponorogo mendeskripsikan bagaimana peningkatan kompetensi siswa pasca melakukan kegiatan PKL.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan memperoleh data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah,Waka Kurikulum,Waka Humas, Ketua Program Keahlian Pemasaran, dan siswa SMKN 1 Ponorogo.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen Praktik Kerja Lapangan di SMKN 1 Ponorogo diawali dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan evaluasi. Perencanan PKL dilakukan dengan melakukan penjajagan lokasi PKL, pembagian tempat dan pembimbing, serta pembekalan siswa. Pelaksanaan PKL yakni siswa melakukan kegiatan PKL di lokasi yang sudah ditentukan dan diharuskan untuk menaati peraturan serta menjalankan tugas yang diberikan oleh sekolah. Terakhir yaitu evaluasi yang mana dalam hal ini dilakukan penilaian terkait dengan bagaimana pelaksanaan PKL, apakah sudah berjalan sesuai dengan harapan dan mengidentifikasi berbagai kendala yang terjadi sehingga dapat dijadikan pembelajaran untuk pelaksanaan program PKL di periode berikutnya. 2) Kompetensi yang dimiliki siswa mengalami peningkatan setelah melaksanakan PKL, baik dari pengetahuan, ketrampilan, dan sikap. Hal tersebut salah satunya dapat diketahui dari perbandingan hasil nilai siswa sebelum dan sesudah PKL.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afni Ma'rufah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:57
Last Modified: 06 Jun 2023 01:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23566

Actions (login required)

View Item View Item