Gaya Retorika Dakwah Habib Husein Ja’far Alhadar Melalui Youtube Gita Wirjawan, Episode Habib Husein Ja'far: Saleh Akal Dan Sosial, Bukan Hanya Ritual

Mahabi, Bahrun (2023) Gaya Retorika Dakwah Habib Husein Ja’far Alhadar Melalui Youtube Gita Wirjawan, Episode Habib Husein Ja'far: Saleh Akal Dan Sosial, Bukan Hanya Ritual. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
UPLOAD E-THESIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Mahabi, Bahrun. NIM 302190132, 2023. Gaya Retorika Dakwah Habib Husein Ja’far Alhadar Melalui Youtube Gita Wirjawan, Episode Habib Husein Ja'far: Saleh Akal Dan Sosial, Bukan Hanya Ritual Endgame S2E27. Skripsi, Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuludin, Adab, Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muchlis Daroini, M.Kom.I.
Kata Kunci: Habib Ja’far, Gaya Bahasa, Dakwah
Komunikasi adalah suatu hubungan interaksi penyampaian yang kita lakukan setiap harinya, jika komunikan tidak tahu apa yang di sampaikan komunikator maka retorika diperlukan agar apa yang kita ingin sampaikan tidak akan sia-sia. Hubungan retorika dengan dakwah adalah kemampuan dalam kemahiran menggunakan bahasa untuk melahirkan pikiran dan perasaan itulah sebenarnya hakikat retorika. Dan kemahiran serta kesenian menggunakan bahasa adalah masalah pokok dalam menyampaikan dakwah. Karena itu retorika dengan dakwah tidak dapat dipisahkan.
Berdasarkan pada keunikan tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan berikut: 1) Bagaimana gaya bahasa berdasarkan pilihan kata Habib Husein Ja’far Alhadar Melalui Youtube Gita Wirjawan, Episode Habib Husein Ja’far: Saleh Akal Dan Sosial, Bukan Hanya Ritual? 2) Bagaimana gaya bahasa berdasarkan nada Habib Husein Ja’far Alhadar Melalui Youtube Gita Wirjawan, Episode Habib Husein Ja’far: Saleh Akal Dan Sosial, Bukan Hanya Ritual? 3). Bagaimana gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat Habib Husein Ja’far Alhadar Melalui Youtube Gita Wirjawan, Episode Habib Husein Ja’far: Saleh Akal Dan Sosial, Bukan Hanya Ritual? Dalam skripsi ini penulis menggunakan teori Gorys Keraf yang berfokus pada pembahasan Gaya Bahasa serta menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1). Gaya retorika dakwah Habib Ja’far Husein Alhadar perspektif retorika Gorys Keraf pada gaya bahasa berdasarkan pilihan bahasa adalah gaya bahasa tidak resmi dan gaya bahasa percakapan. 2). Gaya retorika dakwah Habib Ja’far Husein Alhadar perspektif retorika Gorys Keraf pada gaya bahasa berdasarkan nada adalah nada sederhana yang santun dan humoris. 3) Gaya retorika dakwah Habib Ja’far Husein Alhadar perspektif retorika Gorys Keraf pada gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat adalah struktur kalimat antiklimaks dan repetisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:48
Last Modified: 06 Jun 2023 01:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23556

Actions (login required)

View Item View Item