Peran Humas Dalam Membentuk Citra Positif Yayasan Al Kautsar Desa Semanding Kecamatan Jenangan Ponorogo

Amanda, Yoga Wahyu (2023) Peran Humas Dalam Membentuk Citra Positif Yayasan Al Kautsar Desa Semanding Kecamatan Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Skripsi_Yoga Wahyu Amanda.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Yoga Wahyu Amanda. 2023. Peran Humas Dalam Membentuk Citra Positif Yayasan Al Kautsar Desa Semanding Kecamatan Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muchlis Daroini. S.Sos.I..M.Kom.I.
Kata Kunci: Peran, Hubungan Masyarakat (Humas), Citra, dan Yayasan

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa pada era globalisasi saat ini perkembangan bidang kehumasan sangat berperan penting dalam kemajuan suatu lembaga. Peran humas terbesar bagi sebuah lembaga adalah menciptakan, membangun, dan menjaga citra organisasi di mata masyarakat. Humas juga memiliki tugas untuk memberi penjelasan tentang kebijaksanaan penyelenggaraan lembaga, situasi dan perkembangannya, menampung sarana serta pendapat dari masyarakat dan lembaga, juga mampu memelihara hubungan yang harmonis serta terciptanya kerja sama antar masyarakat dengan lembaga. Dalam konteks ini berkaitan dengan fenomena yang terjadi di Yayasan Al Kautsar, dimana lembaga ini terbilang baru berdiri dan memiliki peranan penting dalam wacana keislaman di masyarakat, sehingga perlu adanya sistem humas yang baik agar dapat mempertahankan eksistensinya di tengah masyarakat melalui peran humas dalam membentuk citra yang positif.
Berdasarkan latar belakang masalah, maka penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu, (1) Bagaimana humas menjalankan perannya dalam membangun citra positif Yayasan Al Kautsar? (2) Bagaimana jenis citra yang dibentuk humas Yayasan Al Kautsar?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif Miles & Huberman, yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) bahwa humas dalam menjalankan perannya untuk membangun citra positif Yayasan Al Kautsar sudah berjalan baik, dengan humas sebagai (Communicator) Penghubung Informasi antara Masyarakat dengan Lembaga, (Relationship) Pembina Hubungan Baik antara Masyarakat dan Lembaga, (Back Up Managemet) Pendukung Manajemen, dan (Corporate Image) Pembentuk Citra. (2) Jenis citra yang dibentuk humas Yayasan Al Kautsar adalah Citra Penampilan, citra yang dibentuk humas dengan mengoptimalkan kinerja atau pelayanannya. Citra Keinginan, citra yang ingin menampilkan dan ingin memberikan kesan positif yang berkaitan dengan kelengkapan fasilitas yang ada di Yayasan Al Kautsar. Citra Cermin, citra yang menampilkan program dan kegiatan keagamaan yang ada di Yayasan Al Kautsar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:47
Last Modified: 06 Jun 2023 01:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23554

Actions (login required)

View Item View Item