..(LENGKAPI WATERMARK, LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK TUNAGRAHITA MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN MAGNET DI KELAS 1 SLB NEGERI JENANGAN PONOROGO

Mustafidah, Dewi Nafisatul (2023) ..(LENGKAPI WATERMARK, LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK TUNAGRAHITA MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN MAGNET DI KELAS 1 SLB NEGERI JENANGAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
Dewi Nafisatul Mustafidah_203190029_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mustafidah, Nafisatul, Dewi. 2022. Identifikasi Kemampuan Berhitung Anak
Tunagrahita Menggunakan Media Papan Magnet Di Kelas 1 SLB
Negeri Jenangan Ponorogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama
Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dwi Ulfa Nurdahlia M.Si
Kata Kunci: Kemampuan Berhitung, Anak Tunagrahita, Media Papan Magnet.
SLB Negeri Jenangan Ponorogo merupakan sekolah untuk anak yang
berkebutuhan khusus, diantarnya anak tunagrahita, anak tunanetra, anak
tunarungu, anak tunadaksa, Autisme, dan lamban belajar. Materi yang digunakan
pada anak berkebutuhan khusus sama dengan anak normal pada umumnya cuman
lebih rendah dibanding dengan anak normal pada umumnya. Media papan magnet
yang digunakan untuk pembelajaran berhitung anak tunagrahita banyak diminati
oleh anak kelas 1 karena memiliki bentuk yang menarik dan berubah, maka pada
kemampuan berhitung kelas 1 mengalami mampu berhitung setelah menggunakan
media papan magnet dengan baik pada saat pembelajaran berhitung berlangsung.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kemampuan
berhitung anak tunagrahita, (2) Kemampuan berhitung anak tunagrahita
menggunakan media papan magnet, (3) Faktor yang mempengaruhi kemampuan
berhitung anak tunagraita mengggunakan media papan magnet.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif yaitu data yang dikumpulkan bukan berupa angka melainkan berupa
naskah wawancara, catatan lapangan, gambaran-gambaran, untuk memperoleh
data yang lebih akurat. Maka dari itu peneliti menggunakan penelitian ini melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada analisis data yang digunakan
adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian tentang kemampuan
berhitung anak tungrahita menggunakan media papan magnet adalah adanya
kemampuan berhitung yaitu dengan (1) Kemampuan behitung anak tunagrahita
kelas 1 mengalami perubahan , (2) Kemudian pada Kemampuan berhitung anak
tunagrahita menggunakan media papan magnet menjadi lebih baik dibanding
dengan yang sebelumnya, (3) serta faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan
behitung anak tunagrahita menggunakan media magnet sudah diketahui.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Ulfa Nurdahlia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:42
Last Modified: 06 Jun 2023 01:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23553

Actions (login required)

View Item View Item