Kecenderungan Kaligrafi Islam Hiasan Mushaf pada Musabaqah Qiroatil Qur’an (MTQ) cabang Musabaqah Khattil Qur’an (MKQ) Kabupaten Madiun Tahun 2022

Masyruhi, Faid Yusron (2023) Kecenderungan Kaligrafi Islam Hiasan Mushaf pada Musabaqah Qiroatil Qur’an (MTQ) cabang Musabaqah Khattil Qur’an (MKQ) Kabupaten Madiun Tahun 2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
FY SKRIPSI Perpus.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masyruhi, Faid Yusron. 2023. Kecenderungan Kaligrafi Islam Hiasan Mushaf pada Musabaqah Qiroatil Qur‟an (MTQ) cabang Musabaqah Khattil Qur‟an (MKQ) Kabupaten Madiun Tahun 2022. Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Galih Akbar Prabowo, M.A.
Kata Kunci: Kaligrafi Islam, Musabaqah Khattil Qur’an, Hiasan Mushaf.
Khat (kaligrafi) adalah suatu ilmu yang memperkenalkan bentuk-bentuk huruf tunggal, letak-letaknya, dan cara-cara merangkainya menjadi sebuah tulisan yang tersusun. Di kalangan masyarakat awam seringkali masih kesulitan dalam membedakan bentuk-bentuk jenis kaligrafi, dikarenakan bentuknya yang bermacam-macam dan jarang sekali menjadi fokus pengetahuan. Efek yang ditimbulkan dari kesulitan tersebut ialah seseorang tidak dapat mengetahui bacaan, maksud dan makna yang ada dalam tulisan kaligrafi. Pada masa kinibentuk karya kaligrafi sangatlah banyak. Mulai dari yang simetris sampai yang abstrak. Salah satu dari karya kaligrafi tersebut ialah hiasan mushaf, yang juga diperlombakan dalam ajang musabaqah tilawatil qur’an (MTQ) cabang musabaqah khattil qur’an (MKQ).
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan jenis kaligrafi islam hiasan mushaf yang digunakan pada MTQ cabang MKQ kabupaten madiun tahun 2022 (2) Untuk menguraikan corak kaligrafi yang digunakan pada MTQ cabang MKQ kabupaten Madiun tahun 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan prosedur pengumpulan data menggunakan wawncara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data analisis interaktif Miles and Huberman, yang meliputi: kegiatan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan , dan verifikasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan (1) Jenis kaligrafi yang digunakan pada musabaqah tilawatil qur‟an cabang musabaqah khattil qur‟an golongan hiasan mushaf Kabupaten Madiun tahun 2022 antara lain: khat naskhi, khat diwani jali, khat tsulust, dan khat diwani adi. (2) Corak kaligrafi yang digunakan pada musabaqah tilawatil qur'an cabang musabaqah khattil qur'an hiasan mushaf Kabupaten Madiun tahun 2022 adalah corak kaligrafi murni.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:38
Last Modified: 06 Jun 2023 01:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23551

Actions (login required)

View Item View Item