..(SCAN FULL SATU LEMBAR DENGAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOD ULANG)...MANAJEMEN KEMITRAAN BERBASIS TRIPUSAT PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 2 PONOROGO

Syahrullah, Muhammad Ghoffi Isya Syahrullah (2023) ..(SCAN FULL SATU LEMBAR DENGAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOD ULANG)...MANAJEMEN KEMITRAAN BERBASIS TRIPUSAT PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
20690154_MUHAMMAD GHOFFI ISYA SYAHRULLAH_MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Syahrullah, Muhammad Ghoffi Isya. 2023. Manajemen Kemitraan Berbasis Tripusat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.
Kata Kunci : Manajemen Kemitraan, Tripusat Pendidikan, Prestasi Belajar, MAN 2 Ponorogo
Peserta didik MAN 2 Ponorogo memang memperoleh pelajaran secara penuh dan tentunya baik dan profesional oleh guru yang di lakukan dengan proses pembelajaran di sekolah, sementara disisi lain masih ada anak kurang mendapat pendidikan dalam keluarga, ini terjadi karena kesibukan orang tua peserta didik yang seolah olah hanya lepas tangan bahkan tidak menanyakan tugas atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru di sekolah dan tentunya kurang pengontrolan dari orang tua dalam pola belajar anak sehari-hari, karena orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehari hari.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana sekolah menjalin kemitraan, mulai dari (1) Perencanaan kemitraan; (2) Pelaksanaan kemitraan; dan (3) Evaluasi kemitraan, berbasis Tripusat Pendidikan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MAN 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas, Perwakilan Guru, dan Perwakilan Wali Murid. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Perencanaan kemitraan berbasis Tripusat Pendidikan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik antara lain: Melaksanakan rapat bersama para stakeholder madrasah untuk merencanakan program program kemitraan; (2) Pelaksanaan program kemitraan dilaksanakan sesuai dengan program yang sudah di rencanakan seperti: kegiatan les sore bagi anak kelas 3 untuk menghadapi ujian nasional, pengambilan raport, lomba etrakurikuler dan kegiatan memperigati Hari besar islam. (3) Evaluasi kemitraan berbasis tripusat pendidikan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MAN 2 Ponorogo ini berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. hal ini dibuktikan dengan terciptanya komunikasi yang semakin terbuka dan efektif antara guru dan orang tua siswa, serta dukungan orang tua dalam mendukung pembelajaran siswa di rumah. selain itu, para guru juga memberikan umpan balik secara teratur kepada orang tuanya tentang kemajuan belajar siswa dan memberikan saran untuk membantu meningkatkan prestasi mereka. Walaupun masih terdapat beberapa kendala kecil, tapi hal ini dapat di evaluasi dan di perbaiki kedepan dengan melibatkan semua pihak terkait dalam memastikan kesuksesan pendidikan peserta didik. Hal yang menjadi kendala dan perlu di evaluasi dalam menjalin kemitraan madrasah berbasis Tripusat Pendidikan antara lain: adanya orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak terlalu peduli dengan perkembangan anak, adanya orang tua atau masyarakat yang tidak hadir ke sekolah untuk mengikuti rapat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUHAMMAD THOYIB
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:33
Last Modified: 06 Jun 2023 01:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23547

Actions (login required)

View Item View Item