Pengaruh Citra Lembaga dan Strategi Promosi Jasa Pendidikan Terhadap Keputusan Peserta Didik Memilih Sekolah di MTsN 1 Ponorogo

Laily, Qatrunnada Fil (2023) Pengaruh Citra Lembaga dan Strategi Promosi Jasa Pendidikan Terhadap Keputusan Peserta Didik Memilih Sekolah di MTsN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190162_QATRUNNADA FIL LAILY_MPI.pdf

Download (912kB)

Abstract

Laily, Qatrunnada Fil 2023. Pengaruh Citra Lembaga Madrasah dan Strategi Promosi Jasa Pendidikan Terhadap Keputusan Peserta Didik Memilih Sekolah di MTsN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Abdul Kholiq, MBA.
Kata Kunci : Citra lembaga, strategi promosi, keputusan memilih.
Peserta didik merupakan aset yang dimiliki lembaga pendidikan dan berperan penting terhadap kualitas dan kemajuan lembaga. Dalam kondisi ini, mereka dihadapkan pada alternatif pilihan dalam menentukan madrasah sebagai tempat melanjutkan pendidikan sesuai dengan minatnya memilih sekolah islam. Banyaknya peserta didik yang berminat memilih Madrasah Tsanawiyah (MTs) sesuai dengan data statistik Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama, yang berjumlah kurang lebih 10.001.230 siswa dan tersebar pada 16.934 unit madrasah. Data yang memperlihatkan tingginya minat peserta didik terhadap pendidikan Islam, tentunya menjadi hal penting bagi madrasah untuk meningkatkan kualitasnya. Penentuan keputusan peserta didik terhadap madrasah yang akan dipilih, dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah citra lembaga dan strategi promosi jasa pendidikan. Hasil observasi peneliti MTsN 1 Ponorogo memiliki citra yang baik dan jumlah peserta didik yang terus meningkat setiap tahunnya.
Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) untuk menjelaskan pengaruh citra lembaga madrasah terhadap keputusan peserta didik meilih sekolah di MTsN 1 Ponorogo, 2) untuk menjelaskan pengaruh strategi promosi jasa pendidikan terhadap keputusan peserta didik memilih sekolah di MTSN 1 Ponorogo, 3) untuk menjelaskan pengaruh citra lembaga madrasah dan strategi promosi jasa pendidikan terhadap keputusan peserta didik memilih sekolah di MTsN 1 Ponorogo.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Dengan penelitian bersifat ex-post facto, yang dilakukan setelah suatu kejadian itu terjadi. Penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan menyebarkan angket penelitian pada siswa MTsN 1 Ponorogo. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel X₁ terhadap Y dan X₂ terhadap Y menggunakan regresi linier sederhana, dan teknik analisis data untuk mengetahui secara bersama-sama pengaruh variabel X₁ dan X₂ terhadap Y menggunakan regresi linier berganda dengan 2 variabel bebas.
Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa, 1) Citra lembaga madrasah berpengaruh sebesar 31,2% terhadap keputusan peserta didik memilih sekolah di MTsN 1 Ponorogo, 2) Strategi promosi jasa pendidikan berpengaruh sebesar 29,4% terhadap keputusan peserta didik memilih sekolah di MTsN 1 Ponorogo, 3) Citra lembaga madrasah dan strategi promosi jasa pendidikan berpengaruh sebesar 35,3% terhadap keputusan peserta didik memilih sekolah di MTsN 1 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abdul Kholiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:32
Last Modified: 06 Jun 2023 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23544

Actions (login required)

View Item View Item