Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Mengatasi Kenakalan Siswa dengan Menerapkan Karakter Disiplin Di Mts Muhamadiyah Pakis Baru Nawangan Pacitan

Handayani, Vinkan Rizki (2023) Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Mengatasi Kenakalan Siswa dengan Menerapkan Karakter Disiplin Di Mts Muhamadiyah Pakis Baru Nawangan Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190288_VINKAN RIZKI HANDAYANI_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Handayani, Vinkan Rizki. 2023. Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Mengatasi Kenakalan Siswa dengan Menerapkan Karakter Disiplin di MTs Muhammadiyah Pakis Baru Nawangan Pacitan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata Kunci : Guru Akidah Akhlak, Kenakalan Siswa, Karakter Disiplin

Kenakalan siswa merupakan problematika yang terjadi hampir disetiap sekolah. Fenomena ini jika dibiarkan akan merusak jati diri siswa, dan dikhawatirkan akan merugikan baik itu siswa orang tua maupun sekolah. Oleh karenanya dibutuhkan upaya dalam mengatasi kenakalan siswa tersebut salah satunya dengan menanamkan karakter disiplin pada siswa. Dengan karakter disiplin yang baik siswa tidak akan terpengaruh pada hal-hal negatif seperti kenakalan siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) bagaimana upaya guru akidah akhlak dalam mengatasi perilaku membolos dan merokok; (2) apa kontribusi penerapan karakter disiplin dalam menanggulangi kenakalan siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dan tekhnik pengumpulan data yang menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik yang digunakan untuk menganalisis data adalah studi kasus.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1. Upaya yang dilakukan guru akidah akhlak dalam mengatasi perilaku merokok dan membolos, berupa: (1) larangan merokok bagi seluruh warga sekolah (2) ijin apabila berhalangan hadir di kelas (3) Melaksanakan absensi di kelas dan berdoa sebelum belajar. (4) razia dan apel setiap hari jumat (5) penerapan sholat duha dan dzuhur berjamaah. (6) evaluasi dan pengucapan ikrar janji siswa setiap hari senin. Dengan begitu para siswa memiliki kecenderungan untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan baik tanpa disuruh, karena dengan pembiasaan mereka akan memiliki karakter. 2. kontribusi karakter disiplin dalam menanggulangi kenakalan remaja di MTs muhammadiyah (1) dapat mewujudkan siswa tidak melakukan kenakalan remaja berupa merokok dan (2) dapat mewujudkan siswa tidak melakukan kenakalan remaja berupa membolos. (3) Serta Menjadikan siswa berkarakter baik dan memiliki tingkat spiritualitas yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:30
Last Modified: 06 Jun 2023 01:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23541

Actions (login required)

View Item View Item