Efektivitas Hukum Bimbingan Pranikah Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Di Kua Kecamatan Bandar

Cahyo, Agus Tri (2023) Efektivitas Hukum Bimbingan Pranikah Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Di Kua Kecamatan Bandar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101180006_Agus Tri Cahyo_HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Agus Tri Cahyo, 2022. Efektifitas Bimbingan Pra Nikah Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Di KUA Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah IAIN Ponorogo. Pembimbing Martha Eri Safira, M.H.
Kata Kunci: Evektivitas, Bimbingan Pra Nikah, Keluarga Sakinah
Pernikahan atau perkawinan ialah akad yang menghalalkan pergaulan dan membatasi hak dan kewajiban antara seorang laki laki dan seorang perempuan yang bukan mahrom. Untuk mencapai perkawinan diberikan suatu bimbingan pra nikah bagi calon pengantin yang menjadi ketertipan Kementrian Agama melalui KUA di Kecamatan, salah satunya ialah KUA Di Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan. Oleh karena itu, salah satu bimbingan pranikah bertujuan untuk memberikan pemahaman yang baik dan benar, sehingga keluarga muslim akan mampu mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah. Maka apakah bimbingan pranikah memang efektif untuk mewujudkan hal tersebut di KUA Bandar untuk catin di sana, penelitian ini akan membahas hal tersebut.
Dari latar belakang di atas penulis mengfokuskan dua rumusan masalah, yaitu (1) Bagaimana efetivitas hukum terhadap bimbingan pranikah menurut KUA Kecamatan Bandar? (2) Bagaimana efektivitas hukum terhadap bimbingan pranikah menurut para calon pengantin di KUA Kecamatan Bandar?
Jenis Penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian lapangan yang menggunakan jenis kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis penelitiannya menggunakan teorinya Miles dan Hubermen yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (data conclusion of verification).
Efektivitas hukum terhadap bimbingan pranikah menurut KUA Kecamatan Bandar telah efektif terhadap lima aspek. Terkait Efektivitas hukum terhadap bimbingan pranikah menurut para calon pengantin di KUA Kecamatan Bandar telah efektif pada empat aspek, (faktor hukum, faktor penegak hukum, faktor sarana atau fasilitas yang mendukung penegakan hukum, faktor masyarakat). Adapun yang belum terpenuhi adalah dari aspek budaya masyarakatnya atau kebudayaan masyarakat belum efektif karena dari catinnya ada juga yang belum paham mengenai bimbingan pranikah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Martha Eri Safira
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:27
Last Modified: 06 Jun 2023 01:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23538

Actions (login required)

View Item View Item