Kurikulum Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Sina dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam

Nisa', Khoirotun (2023) Kurikulum Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Sina dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190118_KHOIROTUN NISA'_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nisa’, Khoirotun. 2023. Kurikulum Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Sina dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Mambaul Ngadhimah, M.Ag.
Kata Kunci: Kurikulum Pendidikan Islam, Ibnu Sina, Tujuan Pendidikan Islam.
Kurikulum pendidikan Islam merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan Islam dan sekaligus menjadi pedoman pelaksanaan pengajaran. Kurikulum pendidikan Islam harus mencerminkan karakter dan cita-cita Islam. Pengajaran yang hanya menekankan aspek kognitif, kurang memperhatikan perkembangan peserta didik, dan tidak memberikan ruang terhadap bakat dan potensi setiap peserta didik untuk berkembang akan menghasilkan lulusan yang tidak siap pakai, karena kurang memiliki keterampilan dan kemampuan untuk berproduktivitas di masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui kurikulum pendidikan Islam perspektif Ibnu Sina, yang di dalamnya terkandung materi pembelajaran meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Serta tidak membatasi dan menekankan pada satu aspek pembelajaran agama semata, tetapi juga memberikan kebebasan untuk mendalami keahlian apapun secara luas dan terbuka tanpa mengesampingkan akhlak.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan kurikulum pendidikan Islam perspektif Ibnu Sina. (2) Untuk menjelaskan relevansi kurikulum pendidikan Islam perspektif Ibnu Sina dengan tujuan pendidikan Islam.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang mengkaji kurikulum pendidikan Islam Ibnu Sina. Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan datanya menggunakan cara editing, organizing, dan finding. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) melalui proses verifying, analyzing, dan conclusing.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan hasilnya berikut ini: (1) Kurikulum yang ditawarkan oleh Ibnu Sina memiliki karakteristik kurikulum modern, yakni kurikulum yang tidak hanya memuat jumlah mata pelajaran yang akan diajarkan, tetapi juga menjelaskan tujuan dari setiap mata pelajaran tersebut. Ibnu Sina juga menekankan prinsip untuk menghubungkan dan menyesuaikan mata pelajaran dengan minat dan bakat peserta didik, serta mempertimbangkan kesesuaian mata pelajaran dengan kebutuhan professional masyarakat. Tujuan pendidikan menurut Ibnu Sina dapat ditegaskan sebagai proses untuk menciptakan insan kamil yakni manusia yang terbina seluruh potensi yang dimiliki secara optimal dan menyeluruh. Sehingga pada akhirnya mampu melaksanakan fungsinya sebagai khalifah di masyarakat. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut diperlukan sejumlah materi yang harus disampaikan kepada peserta didik melalui metode yang tepat. Adapun materi pembelajaran yang ditawarkan Ibnu Sina diklasifikasikan sesuai dengan tingkat usia yaitu usia 3 sampai 5 tahun, usia 6 sampai 14 tahun, dan usia 14 tahun ke atas. Metode pengajaran Ibnu Sina, di antaranya yaitu metode talqin, metode demonstrasi, metode pembiasaan dan keteladanan, metode diskusi, metode magang, metode penugasan, metode targhib dan tarhib. Evaluasi pembelajaran Ibnu Sina, yaitu menerapkan model metode targhib yang mana metode ini mampu membuat muridnya menjadi lebih bersemangat dan percaya diri dalam melakukan dan mengembangkan sebuah keahlian ataupun bakat yang dimilikinya.(2) Relevansi kurikulum pendidikan Islam yang digagas Ibnu Sina dengan tujuan pendidikan Islam memiliki output yang sesuai, yaitu menciptakan insan kamil dengan berkepribadian muslim yang baik, menguasai ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik, serta mampu melaksanakan perannya sebagai khalifah di masyarakat dengan melakukan pekerjaan atau keahlian yang sesuai dengan keterampilan, minat dan potensinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:25
Last Modified: 06 Jun 2023 01:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23533

Actions (login required)

View Item View Item