KONSEP FILANTROPI DALAM TAFSIR AL-QURAN (Studi Tafsīr At-Tanwīr Jilid 1 Karya Tim Penyusun Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah)

Rochmah, Nur Hafifah (2023) KONSEP FILANTROPI DALAM TAFSIR AL-QURAN (Studi Tafsīr At-Tanwīr Jilid 1 Karya Tim Penyusun Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI Etheses.pdf

Download (1MB)

Abstract

Islam adalah agama rahmatal lil 'ālamīn yang hadir membawa misi kemanusiaan. Disyariatkannya kewajiban zakat, infak, sedekah, hingga kurban merupakan ajaran agama yang bermuara pada kegiatan filantropi (berderma) yang dapat membantu menolong sesama. Salah satu karya tafsir yang giat mengangkat isu-isu sosial adalah Tafsīr At-Tanwīr karya Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Sebagai produk tafsir kontemporer, Tafsīr At-Tanwīr berusaha menghadirkan responsivitas terhadap situasi konkret yang sedang berkembang saat ini seperti kemiskinan, kesenjangan sosial, ketidakadilan, serta problem-problem sosial lainnya. Penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai Tafsīr At-Tanwīr terutama dalam menafsirkan ayat-ayat bernuansa filantropi sebagai landasan ajaran Islam yang dekat dengan isu kesejahteraan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode penafsiran kitab Tafsīr At-Tanwīr, bagaimana penafsiran ayat-ayat tentang filantropi dalam Tafsīr At-Tanwīr, serta kontekstualisasi ayat-ayat filantropi dengan kesejahteraan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif-analitis. Penulis menggunakan metode tematik guna mengungkap isi kandungan Al-Quran secara lebih komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya Tafsīr At-Tanwīr merupakan tafsir kontemporer yang memadukan antara metode tahlili dan mawdhu’i secara bersamaan (tahlili cum-tematik). Ayat-ayat bernuansa filantropi dalam Tafsīr At-Tanwīr meliputi empat tema, diantaranya: az-Zakah: QS. Al-Baqarah [2]: 43, QS. Al-Baqarah [2]: 83, QS. Al-Baqarah [2]: 110; al-Infaq: QS. Al-Baqarah [2]: 3; al-birr: QS. Al-Baqarah [2]: 44; dan al-Ihsan: QS. Al-Baqarah [2]: 58, QS. Al-Baqarah [2]: 83. Penafsiran ayat-ayat filantropi dalam Tafsīr At-Tanwīr mencoba membangkitkan ghirah filantropi Islam yang dibangun melalui spirit Al-Quran. Filantropi merupakan manifestasi konsep teologi amal dengan spirit al-Ma’un yang diprakarsai oleh KH Ahmad Dahlan, yakni ibadah bukan hanya bernilai mekanis-ritualis-individualis melainkan tindakan praktis yang juga bernilai universal dengan bingkai kesalihan sosial. Konsep filantropi Islam memiliki potensi yang sangat besar dalam mewujudkan kesejahteraan sosial. Aktualisasi ajaran tentang filantropi dapat membantu meningkatkan taraf hidup orang-orang yang membutuhkan hingga mengurangi kesenjangan sosial. Dengan ini maka filantropi Islam yang diaktualisasikan sesuai dengan nilai-nilai Al-Quran dapat membantu mewujudkan tujuan kesejahteraan sosial yang diinginkan dalam ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:24
Last Modified: 06 Jun 2023 01:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23532

Actions (login required)

View Item View Item