..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Tanaman Hidrofit Di Toko Perlengkapan Aquascape (Aquatic Project) Desa Prajegan Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo

Abduh, Faisal (2023) ..(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Tanaman Hidrofit Di Toko Perlengkapan Aquascape (Aquatic Project) Desa Prajegan Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210216117-Faisal Abduh-Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abduh, Faisal. 2023, Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Tanaman Hidrofit Di Toko Perlengkapan Aquascape (Aquatic Project) Desa Prajegan Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh Mukhlas, M.Pd.
Kata Kunci / Keyword : Hukum Islam, Jual Beli, Bai As-Sala>m, Khiya<>r, Hidrofit, Aquascape
Dalam perkembangan jaman dan era saat ini model jual beli memiliki beraneka ragam macam yang terjadi di masyarakat. Seperti halnya praktik jual beli tanaman hidrofit yang terjadi di toko perlengkapan Aquascape Aquatic Project di Desa Prajegan, ada 2 (dua) macam transaksi atau akad yang digunakan yakni : pertama, secara langsung, kedua, akad yang dilakukan secara online. Dalam setiap pembelian sendiri terkadang ada ketidak sesuain dalam jumlah pesanan dari setiap kuantitas dan kualitas produk yang ada. Disisi lain terdapat hak return bagi pembeli namun perbedaanya yakni dengan proses returnnya dari setiap akad yang ada. Berangkat dari latar belakang tersebut penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul Tinjaun Hukum Islam Terhadap Jual Beli Tanaman Hidrofit Di toko Perlengkapan Aquascape (Aquatic Project) Desa Prajegan Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo.
Permasalahan yang diteliti adalah yang pertama, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap kuantitas jual beli tanaman hidrofit di Toko Perlengkapan Aquascape (Aquatic Project)? Kedua, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap kualitas jual beli tanaman hidrofit di Toko Perlengkapan Aquascape (Aquatic Project)? Ketiga, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap hak khiya>r dalam jual beli tanaman hidrofit di Toko Perlengkapan Aquascape (Aquatic Project)?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif yaitu dengan cara mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa Pertama, kuantitas jual beli tanaman hidrofit di toko Aquascape (Aquatic Project) Desa Prajegan tersebut dapat dikategorikan gharar yasir jika pembeliannya dalam jumlah sedikit sehingga diperbolehkan, namun jika pembeliannya dalam jumlah besar maka tergolong gharar Khati>r sehingga tidak diperbolehkan. Kedua, kualitas jual beli tanaman hidrofit di Toko Perlengkapan Aquascape (Aquatic Project) Desa Prajegan sudah sesuai dengan hukum Islam, karena dalam praktik jual beli online atau offline tersebut penjual sudah memberikan deskripsi dari produk yang dijual. ketiga, hak khiya>r dalam jual beli tanaman hidrofit di Toko Perlengkapan Aquascape (Aquatic Project) sudah sesuai dengan hukum Islam dalam hal pelaksanaan hak khiya>r.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:23
Last Modified: 06 Jun 2023 01:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23528

Actions (login required)

View Item View Item