Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an (Studi Kasus di TPQ Asy-Syafi'iyyah Kepuhrubuh Siman Ponorogo)

Rosdiani, Irma (2023) Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an (Studi Kasus di TPQ Asy-Syafi'iyyah Kepuhrubuh Siman Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190110_IRMA ROSDIANI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rosdiani, Irma. 2023. Penerapan Metode An-Nahdliyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’ān (Studi Kasus di TPQ Asy-Syafi’iyyah Kepuhrubuh). Skripi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.

Kata Kunci: Metode An-Nahdliyah, kemampuan membaca al-Qur’ān.

Realitas yang terjadi menunjukkan adanya penurunan kemampuan membaca al-Qur’ān, dimana di TPQ Asy-Syafi’iyyah terdapat santri yang masih sulit untuk diajak belajar membaca al-Qur’ān karena faktor usianya, yang mana dalam pikirannya adalah bermain ketika berkumpul dengan teman-temannya. Begitu juga dengan kemampuan membaca al-Qur’ān ada yang masih belum bisa membedakan huruf-huruf yang sama seperti tho-zho, sa-sha, sho-dho, huruf yang memiliki titik seperti fa-qa, ta-tsa Dengan demikian, diperlukan adanya metode yang tepat agar seseorang mampu membaca al-Qur’ān dengan baik dan benar. Untuk mencapai kemampuan membaca al-Qur’ān dengan baik dan benar maka diperlukan juga kemampuan menguasai ilmu tajwid dan makhārijul Ḥurūf.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan penerapan metode an-Nahdliyah di TPQ Asy-Syafi’iyyah Kepuhrubuh Siman Ponorogo; (2) dampak penerapan metode an-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’ān santri di TPQ Asy-Syafi’iyyah Kepuhrubuh Siman Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan bentuk jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman meliputi pengambilan data, kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) pelaksanaan penerapan metode an-Nahdliyah di TPQ Asy-Syafi’iyyah mencakup persiapan, implementasi strategi dan evaluasi. Dalam persiapan yang diperlukan adalah materi, metode, media dan ruang kelas. Pelaksanaan penerapan metode an-Nahdliyah dimulai dengan guru menjelaskan dan memberikan contoh bacaan yang benar dengan menggunakan ketukan kemudian santri menirukan dan mengaji secara privat individual. Adapun evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi setiap hari yang dikontrol dengan buku prestasi dan evaluasi belajar tahap akhir. (2) perubahan kemampuan membaca al-Qur’ān santri dapat dilihat dari aspek ilmu tajwid dan makhārijul Ḥurūf, yaitu santri semakin mampu merasakan dan berhenti membaca ketika salah membaca dalam bacaan al-Qur’ān yang tidak sesuai dengan ilmu tajwid dan mengulanginya lagi dari awal. Santri lebih mudah dan lancar ketika membaca al-Qur’ān karena dalam membaca satu ayat tidak terputus-putus dan tidak terdapat kesalahan. Santri lebih berhati-hati dalam melafadzkan huruf-huruf al-Qur’ān sesuai dengan sifatnya (Sifat al- Ḥuruf) dan juga sesuai dengan makhrajnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:17
Last Modified: 06 Jun 2023 01:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23525

Actions (login required)

View Item View Item