Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jasa Pengupahan Panen Padi Menggunakan Mesin Dos di Desa Tulung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo

Wati, Irma Afiana (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jasa Pengupahan Panen Padi Menggunakan Mesin Dos di Desa Tulung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190016_IRMA AFIANA WATI_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wati, Irma Afiana, 2023. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jasa Pengupahan Panen Padi Menggunakan Mesin Dos di Desa Tulung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. Muh. Maksum, M.E.Sy.
Kata kunci/keywoard: Ijarah, Pengupahan, Tinjauan Hukum Islam
Ijarah adalah aktivitas akad untuk mengambil manfaat sesuatu yang diterima dari orang lain dengan jalan membayar sesuai dengan perjanjian yang telah ditentukan dengan syarat-syarat tertentu. Di Desa Tulung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo terdapat praktik ijarah dengan objek akadnya adalah jasa atau pekerjaan. Di Desa Tulung saat memanen padi menggunakan alat mesin yang disebut combine harvester atau penduduk setempat menyebutnya dengan istilah mesin dos. Combine harvester atau mesin dos adalah alat mesin yang digunakan sebagai perontok untuk memisahkan antara padi dari jerami. Sebelum pekerjaan berlangsung, pemilik sawah dan pekerja mesin dos membuat kesepakatan bersama mengenai nominal dan waktu pembayaran upah. Namun kenyataan di lapangan, terdapat pemilik sawah yang mengundur pembayaran upah dari kesepakatan yang telah dibuat sehingga menyebabkan kerugian oleh salah satu pihak yaitu pihak pekerja mesin dos.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik pengupahan pada pekerja mesin dos di Desa Tulung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap dampak hukum praktik pengupahan pada pekerja mesin dos di Desa Tulung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan peneliti merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode induktif yaitu proses berfikir dari fakta empiris yang didapat di lapangan, kemudian data tersebut dianalisis, dan berakhir dengan kesimpulan terhadap permasalahan yang diteliti.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Praktik pengupahan pada pekerja mesin dos di Desa Tulung Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo ada yang sesuai dengan hukum Islam (konsep ijarah) dan ada yang belum sesuai dengan hukum Islam. (2) Dampak hukum praktik pengupahan pada pekerja mesin dos yang sudah sesuai dengan hukum Islam (konsep ijarah) maka masing-masing pihak wajib melaksanakan hak dan kewajibannya. Adapun bagi pihak yang belum sesuai dengan hukum Islam maka praktik pengupahannya akadnya fasid, kecuali ada upaya lain untuk memperbaiki akad tersebut, diantaranya dengan adanya upaya damai (shulh).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Maksum
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jun 2023 01:16
Last Modified: 06 Jun 2023 01:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23524

Actions (login required)

View Item View Item