...(SCAN FULL SATU LEMBAR DENGAN TTD ASLI, TTD PERSETUJUAN DISERTAI STEMPEL, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Harga Saham Perusahaan Perkebunan Periode 2017-2021

Adha Mariska, Shinta (2023) ...(SCAN FULL SATU LEMBAR DENGAN TTD ASLI, TTD PERSETUJUAN DISERTAI STEMPEL, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Harga Saham Perusahaan Perkebunan Periode 2017-2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210717164_Shinta Adha Mariska_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkebunan merupakan sektor industri yang memiliki peluang pengembangan cukup besar dengan keunggulan komparatif dalam memproduksi berbagai komoditas perkebunan. Perkebunan sebagai sumber devisa negara yang mampu meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran berbagai kalangan masyarakat ekonomi. Lahan perkebunan yang luas berpotensi dalam pertumbuhan berbagai jenis tanaman mampu menarik minat investor dalam negeri maupun luar negeri.
Dalam berinvestasi, seharusnya investor melakukan analisis terlebih dahulu mengenai kinerja keuangan perusahaan agar dapat menentukan keputusan investasi yang menguntungkan. Dalam menganalisis kinerja keuangan dapat menggunakan rasio keuangan. Secara teori, jika nilai Current Ratio (CR), Earning Per Share (EPS) dan Return On Assets (ROA) meningkat, maka harga saham akan bergerak naik. Sedangkan jika nilai Debt to Equity Ratio (DER) naik akan mengakibatkan harga saham mengalami penurunan. Namun, berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai CR, EPS dan ROA mengalami kenaikan, disaat yang sama harga saham mengalami penurunan. Sedangkan nilai DER yang mengalami penurunan, disaat yang sama pula harga saham bergerak turun. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat ketidaksesuaian antara teori dengan data.
Penelitian bertujuan untuk menguji dan menganalisa apakah terdapat pengaruh kinerja keuangan melalui rasio CR, DER, EPS dan ROA terhadap harga saham perusahaan perkebunan periode 2017-2021. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu data laporan keuangan tahunan perusahaan perkebunan periode 2017-2021. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 12 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi data panel melalui software Eviews 10.0.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel CR dan DER secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan perkebunan. Sedangkan variabel EPS dan ROA secara parsial berpengaruh tidak signifkan terhadap harga saham perusahaan perkebunan. Variabel CR, DER, EPS dan ROA secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan perkebunan. Nilai R-squared sebesar 0,203323 yang artinya variabel CR, DER, EPS dan ROA dapat dijelaskan oleh variabel harga saham sebesar 20,3323% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:25
Last Modified: 05 Jun 2023 08:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23518

Actions (login required)

View Item View Item