Akuntabilitas Pengelolaan Dana Zakat, Infak dan Sedekah Terhadap Trust Donatur di LAZISWAF Universitas Darussalam Gontor

Amalia, Rizqi Jauharotul (2023) Akuntabilitas Pengelolaan Dana Zakat, Infak dan Sedekah Terhadap Trust Donatur di LAZISWAF Universitas Darussalam Gontor. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
TESIS RIZQI JAUHAROTUL AMALIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Akuntabilitas merupakan bentuk tanggung jawab LAZ melaporkan, mengungkapkan segala aktivitas serta aktivitas yang berkaitan dengan penggunaan sumber dana melalui laporan keuangan yang bisa diakses oleh para muzaki. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya optimalisasi akuntabilitas LAZISWAF Universitas Darussalam Gontor dalam memberikan pelaporan dan pertanggungjawaban atas pengelolaan dana ZIS kepada para donatur dan audit di lembaga tersebut. Bisa diketahui dari jarang adanya publikasi tentang jumlah donasi yang telah dihimpun dan disalurkan baik itu di media social web, dalam bentuk cetak secara detail maupun di papan pengumuman yang bisa memengaruhi kepercayaan muzaki yang dalam hal ini merupakan civitas academica dan donatur luar UNIDA Gontor terhadap LAZISWAF UNIDA. Pertanggungjawaban atas pelaporan tersebut belum tersampaikan kepada donatur secara personal.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara kepada Dewan Pengawas, Direktur, Ketua Divisi Penghimpunan dan Ketua Staf Pengurus Harian LAZISWAF. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan metode induktif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis akuntabilitas penghimpunan, penyaluran dana dan proses audit yang diterapkan dalam pengelolaan dana zakat, infak dan sedekah terhadap trust donatur dalam menyalurkan dananya di LAZISWAF Universitas Darussalam Gontor.
Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah akuntabilitas penghimpunan yang dilakukan oleh LAZISWAF UNIDA Gontor telah menerapkan akuntabilitas secara vertikal namun dimensinya masih dalam lingkup internal dengan cara memberikan laporan setiap bulan kepada dosen pembimbing lalu ke direktur kemudian ke dewan pengawas. Adapun secara horizontal belum sepenuhnya dijalankan karena keterbatasan SDM LAZISWAF. Akuntabilitas penyaluran yang dilakukan oleh LAZISWAF UNIDA Gontor telah menerapkan akuntabilitas secara vertikal sampai kepada Dewan Pengawas. Adapun secara horizontal kepada donatur masih belum dijalankan dengan maksimal. LAZISWAF UNIDA Gontor dalam menerapkan proses audit lembaga bersifat internal, tidak ada dari pihak eksternal. Adapun yang mengaudit dari dewan pengawas, dewan pembina dan pimpinan yayasan.
Kata Kunci: Akuntabilitas, Pengelolaan Dana ZIS, Trust Donatur, LAZISWAF Universitas Darussalam Gontor

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:13
Last Modified: 05 Jun 2023 07:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23515

Actions (login required)

View Item View Item