..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..PANDANGAN QURAISH SHIHAB TENTANG PLURALISME AGAMA (Studi Analisa Penafsiran Kitab Tafsir Al-Misbah)

Maknun, Ma'tiya Lu'luil (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..PANDANGAN QURAISH SHIHAB TENTANG PLURALISME AGAMA (Studi Analisa Penafsiran Kitab Tafsir Al-Misbah). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
MA'TIYA LU'LUIL MAKNUN (210417002).pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Pluralisme Agama, Tafsir al-Misbah.
Quraish Shihab bukanlah satu-satunya pakar tafsir al-Qur’an di Indonesia, tetapi kempuannya menerjemahkan dan menyampaikan pesan-pesan al-Qur’an dalam konteks kekinian dan masa modern membuatnya lebih unggul dari pada pakar al-Qur’an lainnya. Beliau adalah seorang ulama’ tafsir yang kompeten di nusantara, beliau berusaha menyentuhkan al-Qur’an dengan realitas kehidupan manusia modern saat ini yang dibahasakan dengan istilah membumikan al-Qur’an. dalam penafsiran cenderung menggunakan metode penafsiran tematik karena lebih tepat mengungkapkan kandungan al-Qur’an mengenai berbagai persoalan umat Ilam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pemikiran Muhammad Quraish Shihab melalui karyanya yaitu Tafsir al-Misbah.
Metode yang digunakan dalam penelitiann ini adalah metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), sifat dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Sumber data dalam penelitian bersumber dari data primer yaitu dari Al-Qur’an dan Kitab Tafsir Al-Misbah serta bersumber dari data sekunder salah satunya dari Kitab Tafsir Ibnu Katsir. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa ayat-ayat yang digunakan sebagai argumentasi pluralisme agama yaitu: Q.S. Al-Baqarah [2]: 62, 256, Q.S. Al-Maidah [5]: 69, Q.S. Al-Hajj [22]: 40, Q.S. Hud [11]: 118, dan Q.S. Yunus [10]: 99. Menurut Quraish Shihab ayat tersebut tidak lebih dari pengakuan terhadap keberadaan agama-agama lain, bukan kebenaran agama-agama tersebut. Kendati demikian bukan berarti agama-agama tersebut salah, melainkan sudah sempurna pada masanya, hingga datang agama Islam yang dibawa Nabi Muhammad saw yaitu sebagai agama penutup dan agama penyempurna untuk agama-agama sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zahrul fata
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 06:19
Last Modified: 05 Jun 2023 06:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23507

Actions (login required)

View Item View Item