..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Intensitas Penggunaan Tiktok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Siswa Kelas IX Di Smpn 1 Babadan Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023

Sari, Dewi Bimas (2023) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Intensitas Penggunaan Tiktok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Siswa Kelas IX Di Smpn 1 Babadan Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
skripsi upload.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sari, Dewi Bimas. 2023. Pengaruh Intensitas Penggunaan TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Siswa Kelas IX SMPN 1 Babadan Kabupaten PonorogoTahun Pelajaran 2022/2023, Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah. Pembimbing M. Rozi Indrafuddin M. Fil., I.
Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa dalam hal ini terdapat perkembangan baik itu secara fisik maupun mental. Salah satu tugas perkembangan bagi seorang remaja yaitu mengenai sisi kepercayaan diri. Dalam menumbuhkan sisi kepercayaan diri remaja dengan berbagai hal, termasuk bisa melalui aplikasi media sosial. Aplikasi TikTok saat ini sangat digemari dari berbagai kalangan masyarakat, terlebih remaja yang masih memiliki banyak waktu luang. Lewat aplikasi tersebut membawa dampak bagi psikologis remaja, salah satunya tugas perkembangan mengenai kepercayaan dirinya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh intensitas penggunaan TikTok terhadap kepercayaan diri siswa Kelas IX SMPN 1 Babadan Kabupaten Ponorogotahun pelajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana dalam pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IX SMPN 1 Babadan Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 172 dengan sampel 87 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen, uji asumsi, uji statistik dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara intensitas penggunaan TikTok terhadap kepercayaan diri siswa, dengan nilai regresi signifikasi (p) 0,004 < 0,5 yang artinya terdapat pengaruh intensitas penggunaan TikTok terhadap kepercayaan diri siswa Kelas IX SMPN 1 Babadan Kabupaten Ponorogo. Pengaruh intensitas penggunaan TikTok terhadap kepercayaan diri adalah sebesar 10,1%. Sedangkan sisanya yakni 80,9% dipengaruhi oleh faktor- faktor lain diluar variabel intensitas penggunaan TikTok.
Kata kunci : Intensitas Penggunaan,TikTok, Kepercayaan Diri, Remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Rozi Indrafuddin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 06:14
Last Modified: 05 Jun 2023 06:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23502

Actions (login required)

View Item View Item