Tinjauan Hukum Islam Terhadap Perbedaan Harga Jual Sembako Di Pasar Legi Ponorogo

Prasetya, Nurrokhim Eka (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Perbedaan Harga Jual Sembako Di Pasar Legi Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190153_Nurrokhim Eka Prasetya_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Eka Prasetya, Nurrokhim, 2023. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Perbedaan Harga Jual Sembako Di Pasar Legi Ponorogo. Skripsi, Jurusan Muamalah Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Martha Eri Safira, S.H., M.H.
Kata Kunci: Hukum Islam, Al-Bai’, Sembako
Jual beli merupakan salah satu bentuk muamalah, dalam jual beli terdapat penentuan harga. Dalam penentuan harga seharusnya memenuhi unsur keadilan, tetapi dalam kegiatan sehari-hari masih ditemukan adanya jual beli yang didalamnya terdapat unsur ketidakadilan. Seperti kasus yang terjadi di Pasar Legi Ponorogo, terdapat perbedaan harga jual sembako sejenis antara pedagang satu dengan pedagang lainya, meskipun sembako yang dijual memiliki jumlah dan kualitas barang yang sama, selain itu ada sembako yang dijual diatas dan dibawah harga pasaran yang berlaku, meskipun sudah ditetapkan ketentuan harga jual sembako oleh Pemerintah. Permasalahan lain juga ditemukan adanya perbedaan harga jual antara sembako yang dijual dengan jumlah timbangan lebih besar dengan sembako yang dijual dengan jumlah timbangan yang lebih kecil. Dimana sembako yang dijual dengan jumlah timbangan lebih kecil akan mendapat harga lebih mahal dibandingkan sembako yang dijual dengan jumlah timbangan yang lebih besar.
Melihat latar belakang di atas, ada beberapa permasalahan yang perlu dikaji, yaitu: (a) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik penentuan harga jual sembako di Pasar Legi Ponorogo? (b) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap perbedaan harga jual sembako berdasarkan jumlah timbangan di Pasar Legi Ponorogo?
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek yang diteliti secara tepat. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Dalam praktik penentuan harga jual sembako yang dilakukan di Pasar Legi Ponorogo belum sesuai dengan penentuan harga menurut pandangan hukum Islam, karena dalam praktiknya belum sesuai dengan salah satu prinsip penentuan harga dalam Islam, yaitu tidak sesuai dengan prinsip keadilan. (2) Adanya perbedaan harga jual sembako berdasarkan jumlah timbangan di Pasar Legi Ponorogo diperbolehkan (mubah), karena sudah sesuai dengan prinsip-prinsip jual beli dalam Islam, yaitu sudah sesuai dengan prinsip keadilan, suka sama suka, bersikap benar, amanah, dan jujur. Selain itu proses transaksi jual beli yang dilakukan di Pasar Legi Ponorogo sudah sesuai dengan hukum Islam karena sudah memenuhi rukun dan syarat jual beli dalam Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Martha Eri Safira
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 06:10
Last Modified: 05 Jun 2023 06:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23496

Actions (login required)

View Item View Item