Perspektif Maslahah Terhadap Perempuan Yang Berperan Ganda Dalam Pembentukan Keluarga Sakinah Di Kelurahan Kartoharjo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun.

Hanifah, Qusnul (2023) Perspektif Maslahah Terhadap Perempuan Yang Berperan Ganda Dalam Pembentukan Keluarga Sakinah Di Kelurahan Kartoharjo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
10119013_Qusnul Hanifah_HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hanifah, Qusnul. 2023. Perspektif Maslahah Terhadap Perempuan Yang Berperan Ganda Dalam Pembentukan Keluarga Sakinah Di Kelurahan Kartoharjo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Skripsi. Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Septiyan Hudan Fuadi, M.E.Sy.
Kata Kunci: Perspektif Mas}laha}h, Peran Ganda, Keluarga Sakinah.
Pada dasarnya, perempuan yang sudah menikah akan memiliki peran yang penting sebagai ibu rumah tangga yang berkewajiban mengurus rumah tangga, melayani suami serta mendidik anak di rumah. Akan tetapi, realita yang terjadi pada saat ini, banyak dijumpai ibu rumah tangga yang memilih menjalani peran ganda sebagai perempuan karir dalam keluarganya. Seperti di Kelurahan Kartoharjo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun terdapat beberapa perempuan yang menjalani peran ganda dalam keluarganya karena beberapa alasan. Diantaranya karena menjadi tulang punggung keluarga, ingin membantu menambah penghasilan suami untuk memenuhi kebutuhan keluarga, dan karena ingin mempunyai penghasilan sendiri/independent secara finansial sehingga tidak hanya bergantung kepada nafkah suami saja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perspektif mas}laha}h terhadap peran perempuan yang berperan ganda dalam pembentukan keluarga sakinah? Bagaimana perspektif mas}laha}h terhadap implikasi perempuan yang berperan ganda dalam pembentukan keluarga sakinah?
Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research)dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deduktif. Dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa peran ganda yang dijalankan oleh perempuan di Kelurahan Kartoharjo berjalan sesuai dengan konsep mas}laha}h yang dikategorikan dalam mas}laha}h da}ru>riyyah, mas}laha}h ha}jiyyah, dan mas}laha}h tah}siniyyah. Adapun dampak yang ditimbulkan dari adanya peran ganda perempuan karir di Kelurahan Kartoharjo Kecamatan, seperti tercukupi kebutuhan hidup keluarganya masuk dalam kategori mas}lahah> da}ru>riyah, mampu membantu suami dalam menambah penghasilan untuk mencukupi kebutuhan keluarga masuk dalam kategori mas}laha}h hajiyyah, meningkatnya ekonomi keluarga serta menjadi perempuan independent yang tidak hanya bergantung kepada nafkah suami saja masuk dalam kategori mas}laha}h tah}siniyyah, serta tidak menghambat mereka dalam melaksanakan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga sehingga didapati hubungan antar anggota keluarganya dapat berjalan harmonis, saling mencintai dan diperdulikan satu sama lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Septiyan Hudan Fuadi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:50
Last Modified: 05 Jun 2023 04:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23488

Actions (login required)

View Item View Item