..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..STRATEGI BRAND IMAGE MELALUI PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN UNGGULAN (STUDI KASUS DI SDIT DARUL FALAH)

Purnamasari, Fina Dyah (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..STRATEGI BRAND IMAGE MELALUI PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN UNGGULAN (STUDI KASUS DI SDIT DARUL FALAH). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
FINA 206190141 SKRIPSI.docx

Download (5MB)

Abstract

Dyah Purnamasari, Fina. Strategi Brand Image Melalui Pengembangan Program Pendidikan Unggulan (Studi Kasus Di SDIT Darul Falah). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Ponorogo. Pembimbing Dian Pratiwi, S.E, M.M.
Kata Kunci : Strategi, Brand Image, Program
Keberadaan Lembaga Pendidikan Islam merupakan sebuah hal penting untuk membangun kemajuan generasi Islami. Namun Lembaga Pendidikan Islam sering diidentikkan dengan ketertinggalan karena dianggap tertutup dengan perkembangan zaman. Lalu umat Islam merespon dengan mendirikan Sekolah Islam Terpadu yang mengintegrasikan ilmu pendidikan agama dan ilmu pengetahuan umum secara seimbang yang bertujuan untuk membuktikan bahwa pendidikan Islam tidak kalah saing dengan lembaga pendidikan lain. Selain itu, Sekolah Islam Terpadu harus memiliki program pendidikan unggulan yang inovatif untuk membangun brand image sebagai lembaga pendidikan yang modern dan tetap berlandaskan Al-Qur’an dan Hadis. Maka keberadaan program unggulan menjadi penting karena digunakan menjadi strategi Brand image dalam membangun citra lembaga.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan menganalisis bentuk strategi brand image melalui pengembangan program pendidikan unggulan di SDIT Darul Falah 2) Mengetahui dan menganalisis penerapan strategi brand image melalui pengembangan program pendidikan unggulan di SDIT Darul Falah 3) Mengetahui dan menganalisis implikasi penerapan strategi brand image melalui pengembangan program pendidikan unggulan di SDIT Darul Falah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara,observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis melalui tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan data, peneliti menggunakan pendekatan ketekunan dan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Bentuk Strategi Brand image Melalui Pengembangan Program Pendidikan Unggulan di SDIT Darul Falah didasarkan pada 3 hal yaitu; 1) Kekuatan merek melalui brand utama “sekolah inspiratif” , 2) Keunikan merek melalui program pembiasaan, program bina iman dan taqwa, excellent program, dan program life skill 3) Ketertarikan merek melalui dukungan yang diberikan konsumen atau masyarakat pada penyelenggaraan program. Penerapan Strategi Brand image Melalui Pengembangan Program Pendidikan Unggulan dibangun dari 2 hal yaitu; 1) membangun Brand awareness melalui sosialisasi ke TK, melalui brosur, menggunakan slogan, dan publikasi program kegiatan di media sosial Instagram dan Facebook. 2) Membangun persepsi kelembagaan yaitu dengan perbaikan mutu secara berkala dan membangun hubungan yang baik dengan wali siswa. Implikasi Strategi Brand image Melalui Pengembangan Program Pendidikan Unggulan dibedakan menjadi 2 yaitu; 1) Implikasi internal yang terdiri mempermudah lembaga mencapai tujuan sebagai “sekolah inspiratif” dan meningkatnya prestasi siswa. 2) Implikasi eksternal terdiri dari lembaga semakin diminati masyarakat, lembaga sering dijadikan tempat penelitian dan mudahnya menjalin kerja sama dengan pihak luar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dian Pratiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 05:59
Last Modified: 05 Jun 2023 05:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23485

Actions (login required)

View Item View Item