Analisis Proses Produk Halal Pada Industri Rumah Tangga Al-Barokah Perspektif Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014

Pangesti, Lesta (2023) Analisis Proses Produk Halal Pada Industri Rumah Tangga Al-Barokah Perspektif Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
102190019-LESTA PANGEASTI-HUKUM EKONOMI SYARIAH_removed.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Pangesti, Lesta. 2023. Analisis Proses Produk Halal Pada Industri Rumah Tangga al-Barokah Perspektif Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Dosen Pembimbing Abid Rohmanu, M.H.I.
Kata Kunci/Keywords: Halal dan Haram, Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal.
Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 Pasal 18 dan Pasal 21 mengamanatkan bahwa bahan baku, proses pembuatan, lokasi tempat, dan alat harus dijaga kebersihannya, bebas dari najis, bebas dari bahan tidak halal, serta menurut syarat makanan halal harus memenuhi beberapa kriteria makanan halal. Namun pada praktenya masih ditemui pelaku usaha yang membiarkan produk makanannya dihinggapi lalat, dan masih menggunakan bahan tambahan yang belum memiliki label halal MUI. Berdasarkan pemaparan data tersebut penulis ingin meneliti lebih dekat fenomena yang terjadi pada industri rumah tangga al-Barokah, untuk produk yang sedang mengurus sertifikat halal.
Dari permasalahan di atas penulis bermaksud meneliti mengenai pelaku usaha industri rumah tangga al-Barokah dari sudut pandang Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana jaminan kehalalan produk makanan di industri rumah tangga al-Barokah Desa Jurug Kecamatan Sooko dalam perspektif Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014? (2) Bagaimana standarisasi kebersihan produk makanan di industri rumah tangga al-Barokah Desa Jurug Kecamatan Sooko dalam perspektif Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penarikan kesimpulan menggunakan metode induktif.
Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil penelitian: (1) pelaku usaha paham dengan jaminan produk halal namun tidak menerapkan pada bahan tambahan (fermipan) pembutan roti jahe yang digunakannya sehingga tidak sesuai dengan perundang-undangan jaminan produk halal. (2) pelaku usaha masih mengabaikan kebersihan makanan karena membiarkan lalat mengerumuni pisang saat proses penjemuran sale pisang gulung, sehingga proses tersebut tidak sesuai dengan standarisasi halal berdasarkan halal cara memprosesnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:49
Last Modified: 05 Jun 2023 04:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23484

Actions (login required)

View Item View Item