Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Strategi Pemasaran Paket Data Internet di Counter Asia Phone Beduri, Ponorogo

Sholikah, Lutfiatus (2023) Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Strategi Pemasaran Paket Data Internet di Counter Asia Phone Beduri, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
102190130-HES-LUTFIATUS SHOLIKAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci : Etika Bisnis Islam, Strategi Pemasaran, Paket Data Internet
Dewasa ini masyarakat belum menyadari akan pentingnya penerapan Etika Bisnis Islam dalam kegiatan usaha (muamalah). Mayoritas pelaku bisnis berorientasi pada profit dengan mengesampingkan moralitas perilaku ekonomi yang berlaku di masyarakat. Kebutuhan paket data internet yang semakin meningkat, menyebabkan bisnis jual beli paket data internet semakin bermunculan. Salah satunya Counter Asia Phone, Beduri, Ponorogo. Semakin banyak bisnis jual beli paket data internet yang muncul, maka bisnis tersebut semakin kompetitif. Sehingga, pebisnis yang memiliki kecenderungan mengejar profit, akan mengabaikan etika dalam bisnis. Salah satu standar etis yang berlaku di masyarakat yaitu standar etis dalam doktrin agama Islam. Standar etis ini mengacu pada Al-Qur’an dan hadis, dimana prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam terdiri dari lima prinsip yaitu: prinsip kesatuan (unity), keseimbangan (equilibrium), kebebasan (free will), tanggung jawab (responsibility), dan kejujuran atau kebaikan.
Berdasarkan latarbelakang tersebut, penulis meneliti lebih lanjut dengan rumusan masalalah; 1) Bagaimana analisis Etika Bisnis Islam terhadap mekanisme strategi pemasaran di Counter Asia Phone Beduri, Ponorogo. 2) Bagaimana analisis Etika Bisnis Islam terhadap strategi bauran pemasaran di Counter Asia Phone Beduri, Ponorogo.
Untuk menjawab permasalahan diatas, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif lapangan (field research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang diperoleh dari lapangan secara langsung dan sumber data sekunder berupa dokumen, buku, maupun jurnal.
Setelah melakukan penelitian lebih lanjut, penulis menyimpulkan bahwa 1) Mekanisme strategi pemasaran paket data internet di Counter Asia Phone Beduri, Ponorogo terdiri dari segmenting, targeting, & positioning telah sesuai dengan prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam. 2) Strategi bauran pemasaran paket data internet di Counter Asia Phone, Beduri, Ponorogo yang terdiri dari; Strategi produk yang dilakukan telah sesuai dengan prinsip tauhid, prinsip keseimbangan, dan prinsip tanggung jawab. Strategi harga yang dilakukan counter tidak memenuhi prinsip keseimbangan dan tanggung jawab. Strategi promosi counter Asia Phone, Beduri, Ponorogo tidak sesuai dengan prinsip kejujuran dan prinsip tanggung jawab. Strategi tempat di counter ini telah memenuhi prinsip tauhid dan kehendak bebas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:39
Last Modified: 05 Jun 2023 04:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23466

Actions (login required)

View Item View Item