TRADISI SEMA'AN AL- QUR'AN AHAD PON SEBAGAI AMALAN TOLAK BALAK (Studi Living Qur'an Di Kelurahan Oro-Oro Ombo Kartoharjo Madiun)

Saputra, Mohammad Rizki (2023) TRADISI SEMA'AN AL- QUR'AN AHAD PON SEBAGAI AMALAN TOLAK BALAK (Studi Living Qur'an Di Kelurahan Oro-Oro Ombo Kartoharjo Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Riski Saputra IAT IAIN Ponorogo.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Saputra, Mohammad Rizki. 2023. TRADISI SEMA'AN AL- QUR'AN AHAD PON SEBAGAI AMALAN TOLAK BALAK “( Studi Living Qur'an Di Kelurahan Oro-Oro Ombo Kartoharjo Madiun)”. Skripsi, Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Nurdin, M.Ag.
Kata Kunci: Prosesi, Makna, Hikmah Tradisi Sema’an Al-Quran Ahad Pon.
Penelitian ini di latar belakangi oleh keadaan yang terjadi di lingkungan masyarakat dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an melalui cara diperdengarkan, dan disakralkan, pada hampir seluruh kegiatan sehari-hari hingga acara seremonial ceremonial di berbagai lapisan masyarakat lokal maupun internasional. Untuk mengungkapkan hal tersebut, peneliti merumuskan masalah, yaitu bagaimana prosesi sema’an Al-Quran Ahad Pon, makna dalam tradisi sema’an Al-Quran Ahad Pon, Hikmah setelah adanya sema’an Al-Quran menurut masyarakat Kelurahan Oro-Oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Madiun.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. 1) Bagaimana prosesi berjalannya Tradisi Sema’an Alquran Ahad Pon Sebagai Tolak Balak, 2) bagaimana makna yang terkandung dalam Sema’an Ahad Pon Sebagai Tolak Balak di Kelurahan Oro-Oro Ombo, 3) bagaimana Hikmah setelah adanya sema’an Ahad Pon di Kelurahan Oro-Oro Ombo ,dengan pendekatan kualitatif melalui metode living Qur’an. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, prosesi berjalannya pembacaan Sema’an Al-Quran yang dilakukan masyarakat Oro-Oro Ombo dalam tradisi sema’an Al-Quran Ahad Pon Sebagai Tolak Balak di Kelurahan Oro-Oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Madiun mempunyai 3 tahapan prosesi. 1) Pra Tradisi, yang berisi niat, solat malam, membaca tawassul, membaca juz 1 sampai 30. 2) penyampaian dakwah yang berisi tentang ajaran Agama islam. 3) Akhir Tradisi, pembacaan juz 30 secara bersama, Doa dan makan Bersama. Kedua, makna dari sema’an Al-Quran Ahad Pon sebagai tolak balak dalam tradisi di Kelurahan Oro-Oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Madiun adalah Sarana taqorrub kepada Allah, sarana pembelajaran Al-Quran, sebagai penenang hati, sebagai hizib amalan tolak balak, sarana untuk memperkuat hafalan. Ketiga, Hikmah setelah adanya tradisi di Kelurahan Oro-Oro Ombo yang ada adalah Perubahan kearah yang lebih baik, upaya merajut ukhuah Islam, mendatangkan keberkahan dalam hidup, membangun jiwa dermawan, mempertambah iman kepada Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhamad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:28
Last Modified: 05 Jun 2023 04:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23463

Actions (login required)

View Item View Item