Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI dan Budi Pakerti pada Siswa Kelas X di SMK PGRI 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023

Minanti, Afifah Aris (2023) Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI dan Budi Pakerti pada Siswa Kelas X di SMK PGRI 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190309_Afifah Aris Minanti_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (3MB)

Abstract

Minanti, Afifah Aris. 2023. Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI dan Budi Pakerti pada Siswa Kelas X di Smk PGRI 2 Ponorogo Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.

Kata Kunci: Mind mapping; keaktifan belajar; hasil belajar.

Pemahaman dan partisipasi aktif dari siswa dalam pembelajaran menunjukkan bahwa materi yang disampaikan oleh guru dapat diterima oleh siswa, semakin aktif kegiatan pembelajaran di dalam kelas maka semakin tinggi pula hasil belajar yang diraih oleh siswa. Bukan hanya itu semakin tinggi pemahaman siswa terkait materi yang disampaikan, maka akan semakin efektif suasana belajar yang dibangun di dalam kelas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya keaktifan dan hasil belajar siswa selama pembelajaran PAI dan Budi Pakerti di SMK PGRI 2 Ponorogo. Dalam upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dapat diperoleh dengan implementasi metode pembelajaran mind mapping.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi pembelajaran dengan metode mind mapping dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas X TKR 5 pada mata pelajaran PAI dan Budi SMK PGRI 2 Ponorogo tahun pelajaran 2022/2023; dan (2) mengetahui implementasi pembelajaran dengan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKR 5 pada mata pelajaran PAI dan Budi Pakerti di SMK PGRI 2 Ponorogo tahun pelajaran 2022/2023.

Adapun penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini mengambil subjek dari kelas X TKR 5 SMK PGRI 2 Ponorogo yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Instrument penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi keaktifan siswa; lembar wawancara responden siswa; lembar tes hasil belajar siswa; dan catatan lapangan. Adapun analisis data dilakukan melalui: seleksi dan pengumpulan data; pemaparan dan deskripsi data; serta penyimpulan dan pemberian makna.

Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa implementasi metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan: (1) Keaktifan siswa, hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase pada tahap pra siklus sebesar 40,88% naik menjadi 53,21% di siklus I, dan naik kembali menjadi 82,09% di siklus II. (2) Hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase siswa yang tuntas pada tahap pra siklus sebesar 37,84% naik menjadi 54,05% di siklus I, dan naik kembali 78,38% di siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:34
Last Modified: 05 Jun 2023 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23453

Actions (login required)

View Item View Item