Perempuan sebagai Kepala Keluarga di Dukuh Krajan Dusun Krajan Desa Majasem Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi Perspektif Hukum Islam

Ulin Nuha, Muhammad (2023) Perempuan sebagai Kepala Keluarga di Dukuh Krajan Dusun Krajan Desa Majasem Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi Perspektif Hukum Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
101180187_Muhammad Ulin Nuha_Hukum Keluarga Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

Idealnya dalam keluarga, yang menjadi kepala keluarga adalah suami sesuai dalam Al-Quran dan al-Sunnah dan beberapa pandangan dari ulama lainnya. Namun melihat realita yang ada, perempuan di Dukuh Krajan, Dusun Krajan, Desa Majasem, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi juga dapat menjadi seorang pemimpin keluarga, hal tersebut juga dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, namun dengan keadaan tersebut perempuan dapat memimpin keluarganya karena kemampuan, dan memenuhi syarat serta tugas sebagai seorang pemimpin pada umumnya. Maka dari itu penulis membahas kepemimpinan perempuan perspektif Hukum Islam.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kepemimpinan Perempuan sebagai kepala Rumah Tangga di Dukuh Krajan, Dusun Krajan, Desa Majasem, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi Perspektif Hukum Islam dan Bagaiamana Dampak Hukum Islam terhadap peran perempuan sebagai kepala Rumah Tangga di Dukuh Krajan, Desa Majasem, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi?

Adapun skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan empiris. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.

Dari penelitian yang dilakukan selama skripsi dapat disimpulkan bahwa menurut Hukum Islam, status kepala keluarga tetap pada suami meskipun istri membantu peran suami dan mampu memimpin rumah tangganya. Sedangkan keluarga yang tidak didapati seorang suami, istri mengambil alih tugas dan tanggung atas keluarganya. dampak yang terjadi akan peran kepemimpinan perempuan adalah tidak mengubah status kepala keluarga, peran perempuan membantu peran suami, dan kewajiban suami yang tidak dapat dilaksanakan tetap dibantu oleh istri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yudhi Achmad Bashori
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:32
Last Modified: 05 Jun 2023 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23446

Actions (login required)

View Item View Item